hi mbak Yanti,

Wah .. sudah 5 mingguan lagi ya bakal ketemu dengan buah hatinya :)

Kalau memang obgyn tidak menyarankan untuk test lab ulang saat2 ini
(antisipasi karena kaki bengkak bukan karena indikasi lain mengingat test
lab terakhir 1 bulan lalu waktu bengkak masih taraf 'wajar'), mungkin memang
hanya kenaikan level hormon kehamilan saja yang buat bengkak kakinya mbak
'nggak kira2' :)  As usual, efek hormon kehamilan ke setiap ibu hamil
berbeda2, ada yang buat ibu hamil jadi 'lebih bengkak' kaki atau bagian
tubuh lainnya.
Point-nya, selama water retention ini bukan karena indikasi gangguan
(pre-eclampsia misalnya), sudah cukup mengurangi masalah deh .. dan mungkin
tinggal 'deal' dengan kondisi ini dan usaha menyamankan diri senyaman
mungkin.

Yang sudah dilakukan mbak untuk mengurangi bengkak memang sudah lengkap
deh.  Tambahan sedikit:
* kalau masih ngantor, cermati dengan aktivitas terlalu lama duduk/berdiri,
high heels
* biasakan tidur dengan posisi miring ke kiri (di tubuh bagian kanan ada
pembuluh darah vena.  Saat hamil, rahim yang membesar menekan pembuluh ini
jadi aliran darah balik jadi terbendung dan akhirnya jadi penyebab water
retention di daerah kaki deh).  Dengan tidur miring ke kiri, tekanan
terhadap si 'vena' jadi lebih berkurang.
* Rutin berjalan (berenang kalau memungkinkan)
* Kalau mau massage, mungkin bisa dengan massage lembut dari area kaki ke
atas ke arah lutut.

.. still .. enjoy your pregnancy and take care ya mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke