Hi mbak Yanti,

Big support untuk niatnya ngasih ASI eksklusif ya :)

Dari beberapa sharing para moms tadi, mungkin mbak tinggal ambil option
'tools' mana yang waktu mbak gunakan nanti berhasil mengumpulkan ASI
terbanyak dan yang paling membuat nyaman mbak.

Kadang sudah lihat volume ASI perah yang 'lamaaaa' penuhnya (pakai pump
/tangan), mulai membuat hati jadi dag dig dug (apalagi kalau merahnya di
sela waktu kantor), so pengaruh ke psikis ibu menyusui deh.  So, sudah tahu
kan kalau psikis ibu pengaruh banget dengan supply ASI nya? :)

Bisa pakai cara jeng Dini or jeng Nana, kombinasi pump dengan tangan.  Yang
penting kita nyaman dengan alat atau tangan (or both) yang dipakai :)
Saya dulu termasuk yang 'coba-coba' pakai teknik tangan.  Nggak langsung
'sukses' juga dan sempat kembali ke pump.  Sampai akhirnya, saat menggunakan
tangan, lha kok jadi lebih banyak dan lancar ya?.  Hati jadi happy banget
(kebayang nggak perlu bawa 'peralatan pump' ke kantor) dan mulai deh sejak
itu perah ASI dengan tangan :)

Please kindly note, using formula reduces your milk supply .. nggak mudah
mengharapkan supply ASI kita akan semakin banyak kalau mulai diselingi
dengan sufor.
So,  selamat persiapan ASI & take care of your pregnancy, ya mbak

Special to jeng Deasy
.... wow! congrats to mom of 5 to be ...
You'll beat me on this. Take care on your 'bump' too ya jeng :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke