To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Thursday, February 10, 2011 9:16 AM
Subject: Re: [balita-anda] Pamit untuk cuti melahirkan

wanita hamil dikatakan mengalami PE (Pre eklampsia) kalau memenuhi tanda2
berikut:

- tekanan darah naik menjelang kehamilan trimester 3
- ada protein di hasil lab urin
- mata kunang2 all the time
(ketiga gejala diatas yg saat itu gue alami)

sampai saat ini belum diketahui dengan pasti penyebabnya... ada yg "menuduh"
keturunan, sampai masalah di plasenta dan metbolisme tubuh ibu dan janin
selama kehamilan..

kalau gue jadi cowo, gue rasanay pengen ngelus si bumil dengan pre eklamsi
deh (lha padahal gue 2 kali pre eklampsi berat huheuehu).. abisnya.. kalo
baca di teori, bumil yg ngalamin PE, bagian dalam tubuhnya sebenernya udah
banyak yg rusak.. pembuluh2 darah banyak yg rusak, ginjal dan hati terganggu
(yg menyebabkan protein bisa bocor ke pipis), dan resiko kejang dan stroke
(masuk tahap Eklampsia)

itulah kenapa biasanya begitu di trimester3 sudah ada gejala PE, dsog mulai
menyarankan agar di sesar... ini adalah karena lebih diutamakan nyawa si
ibu...

sudah sedikit cerah pak Rahman?

-b-