From: Dini Febrina <dini.febr...@astra-honda.com>
Date: Mon, 11 Apr 2011 15:08:38
To: balita-anda@balita-anda.com<balita-anda@balita-anda.com>
Subject: RE: [balita-anda] Jaundice & 3 hari di RS pasca bersalin ? :)
  (was:Tanya bayi kuning)
Berapa kadar bilirubinnya Mbak?
Ooo..sudah masuk RS ya..semoga cepat turunnya biar gak lama2 di RS.
Saya juga ngalamin pisah sama anak pas billie-nya tinggi hu..hu..sedih
banget..gak boleh nginep atau pesan kamar, hanya boleh ketemu pas waktu
menyusui saja (2x sehari).
Tapi saya tetap setor ASI, sampai susternya heran kok ASInya banyak banget bisa
nyetor sampai 6 botol @140ml sehari. (padahal merah sambil nangis2
ha..ha..lebay)

O iya..kadang RS menerapkan kadar billirubin yg berbeda, di RS A angka 12
disuruh fototherapy, RS B 10...
Padahal yg saya baca2 nih, utk anak lahir tdk premature, berat badan lahir
>2.5, bilirubin , hari ke-3 s/d 15 tdk perlu fototherapi. Cukup berikan ASI.

Waktu anak ke 2, hari ke-3 kadar bilirubinnya 13,9, disarankan therapy, tapi
saya masih kuat tukar pendapat sama dokternya supaya home treatment saja..
Nah pas anak ke-3 ini mungkin krn kaget nilainya 17 koma sekian, plus minta
tolong info dari teman2, ternyata ketemu >16 disarankan therapy, terpaksa di
rawat.
Bahkan besoknya naik jadi 19 hu..hu..makin sedih aja deh..
Tapi sekarang saya ambil hikmahnya saja, saya jadi browsing artikel2 ttg
kuning, sebelumnya kalau ada info dibaca sambil lalu saja he..he..

Dini