Selamat pagi Moms & Bunda,

Sebelumnya saya perkenalkan diri dulu ya. Nama saya Sri Pauliana, saya ibu
seorang putra dan bekerja.
Saya ingin berbagi & meminta pendapat Moms & Bunda mengenai apa yang sedang
saya alami dg putra saya.
Terima kasih sebelumnya.

Anak pertama saya, cowok, sekarang umur 5 bulan 7 hari. Saat lahir, ok-ok saja,
nilai APGAR nya 9. Memasuki usia 1 bulan, bayi saya sering ngeden saat hendak
pup sampai mukanya merah & seperti kesakitan, serta sering sekali ngulet
(merentangkan badan). Akhirnya dokter spesialis anak menyarankan ganti sufor
(oh ya, bayi saya mengkonsumsi ASI tapi tidak eksklusif). Setelah sufornya
diganti, ngedennya normal-normal saja, tapi nguletnya masih aktif.
Sejak usia 2 bulan, muncul benjolan di kemaluan sebelah kanan (sebelah kirinya
normal). Setelah dicek ke dokter spesialis anak, saya diminta menunggu krn isi
benjolan tsb berupa cairan yg nantinya seiring perkembangan bayi akan diserap
oleh tubuh bayi, jadi diharapkan kempes dg sendirinya.
Ternyata benjolan tidak mengecil walaupun usianya sekarang 5 bulan lebih. Saat
ngeden hendak pup atau menangis, benjolan tidak membesar/mengecil, bentuknya
tetap. Ketika dicek, dokter spesialis anak menyarankan konsul ke dokter bedah
anak. Menurut dokter bedah anak, benjolan tersebut dinamakan Hydrokel &
salurannya sudah tertutup sehingga cairan tidak dapat diserap oleh tubuh bayi,
akan diam di sana & dikuatirkan menghambat perkembangan buah zakar. Disarankan
untuk dioperasi dalam waktu dekat, walaupun tidak ada akibat fatal yang
membahayakan bayi.

Saya ingin menanyakan apa sebenarnya penyebab Hydrokel tsb dan apakah
memungkinkan pengobatan/terapi tanpa operasi? Banyak yang bilang ini bawaan
lahir, mengapa munculnya malah setelah usia tertentu?

Bila ada yang tahu, saya minta rekomendasi dokter untuk second opinion.

Maaf nih kalau kepanjangan. Terima kasih semuanya.

Salam,
Sri Pauliana
Bunda Gede Rama

P.S.
Please save a tree, consider the environment.
Do not print this e-mail unless it's really necessary.
Shut down your computer, printer and copier before you leave. Go Green!

Kirim email ke