From: Mommy Milk <mommymilk...@yahoo.com>
Date: Sun, 17 Apr 2011 21:02:26
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] Mandi bareng anak
Mbak, saya share tapi sangat terbatas menurut pengalaman saya. Saya baru punya
1 anak perempuan, untuk anak laki2 saya tidak bisa share.

Bagi saya, mandi bersama anak saya ada beberapa hal:
- Irit waktu: saya bekerja, anak saya pagi hari cuma mau mandi sama saya gak
mau sama mbaknya. Kalo mandi dalam 2 tahap habis waktu untuk mandiin doang.
- Irit air hehehe, secara 1 bak mandi air anget buat berdua
- Memperkuat bonding saya dengan anak
- Belajar: kami mandi sambil bernyanyi (anak saya selalu minta dinyanyikan
lagu2 yang berhubungan dengan gambar atau benda2 lucu yang temui di kamar
mandi). tapi mengenai pendidikan sex, paling saya mengenalkan nama alat
kkelamin. tapi tidak secara khusus mengadakan sesi pembicaraan mengenai itu.
sambil lalu saja (anak saya masih kecil, belum 2 tahun)

Mengenai sejak kapannya, sejak anak saya umur 1 tahun, mau brenti kapannya
belum tau.

Mengenai perlakuan beda utk anak cowo atau cewek, belum ada pengalaman, tapi
menurut saya pribadi saya sebaiknya Ibu tidak mandi dengan anak cowok demikian
juga sebaliknya. Tapi bila anak laki dan anak perempuan mandi bersama dalam
usia yang masih kanak2 (TK) saya rasa ga papa, belajar mengenai perbedaan pria
dan wanita tapi dalam tahap awal. tapi kalo orang dewasa dengan anak2 yang beda
jenis kelamin, kuatir menimbulkan pertanyaan besar di benak anak.

Mengenai effek, karena saya sesama perempuan dengan anak, tidak ada effek tapi
kalo kalo berbeda jenis kelamin, ibu dan anak laki2 saya tidak tau effeknya.

Regards
Valeria