Makasih atas masukannya mba' Firli.

-----Original Message-----
From: Ighfirli [mailto:ighfi...@thiess.co.id]
Sent: Monday, April 25, 2011 1:39 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: RE: [balita-anda] Need Info : Botol + Dot "Medela" and or
"Huberman"

Mb Dwi ...

Untuk jadi masukan juga,product madela adalah salah satu botol Dot yang BPA
Free,dengan jenis plastic no 5, jadi ada baiknya untuk mencari product
pengganti yang berkwalitas sama dengan medela.

Bahaya Plastik

Plastik dipakai karena ringan, tidak mudah pecah, dan murah. Akan tetapi
plastik juga beresiko terhadap

lingkungan dan kesehatan keluarga kita. Oleh karena itu kita harus mengerti
plastik-plastik yang aman

untuk kita pakai.

NO 1 PETE (polyethylene terephthalate) dipakai untuk botol plastik yang
transparan seperti botol air

mineral, botol jus, dan hampir semua botol minuman lainnya. Hanya untuk
sekali pakai dan

jangan pakai untuk air hangat apalagi panas. Buang botol yang sudah lama
atau terlihat

baret.

NO 2 HDPE (high density polyethylene) biasa dipakai untuk botol susu yang
berwarna putih susu.

Sama seperti PETE juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian.

NO 3 V atau PVC (polyvinyl chloride) adalah plastik yang paling sulit didaur
ulang. contohnya plastik

pembungkus dan botol. Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang terdapat pada
plastic

pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. PVC
berpotensi

berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.

NO 4 LDPE (low density polyethylene) biasa dipakai untuk tempat makanan dan
botol-botol yang

lembek. jenis ini dapat didaur ulang, bisa dibilang tidak dapat dihancurkan
tetapi tetap baik

untuk tempat makanan.

NO 5 PP (polypropylene) adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama
untuk yang

berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan,
botol

minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Karakteristik adalah biasanya
botol transparan

yang tidak jernih atau berawan.

NO 6 PS (polystyrene) biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam,
tempat minum sekali

pakai, dll. Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam
makanan ketika

bersentuhan. Bahan Styrine berbahaya untuk otak dan sistem syaraf. Selain
tempat makanan,

styrine juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan
konstruksi gedung.

NO 7 Other (polycarbonate) didapatkan di tempat makanan dan minuman seperti
botol minum

olahraga. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan Bisphenol-A ke dalam makanan
dan

minuman yang berpotensi merusak sistem hormon.

Masih banyak sekali barang plastik yang tidak mencantumkan simbol-simbol ini
( symbol dengan tanda segitiga dan terlihat angka ditengahnya untuk
menunjukan jenis plastic seperti uraian diatas), terutama barang plastic
buatan lokal. Oleh karena itu, kalau anda ragu lebih baik tidak membeli.
Kalaupun barang bersimbol lebih

mahal, harga tersebut lebih berharga dibandingkan kesehatan keluarga kita.

Smoga menjadi masukan..

Regard

Firli