Saya mo sharing pengalaman dengan Dr. Hasnah Siregar di RS. Hermina
Jatinegara.

Pada awal saya konsul ke dia, alasannya karena saya ingin ditangani oleh
dokter perempuan, karena terus terang saya agak 'risih' jika ditangani oleh
dokter pria. Setelah beberapa kali periksa memang tidak ada masalah, tetapi
memasuki usia kandungan sekitar 5 bln, stlh di-USG menurut beliau air
ketuban saya kering/sangat sedikit sekali. Saya pikir mungkin karena saya
puasa ramadhan selama sebulan penuh (sebelumnya beliau membolehkan saya
puasa, asalkan BB tidak turun). Dan menurut beliau efek dari air ketuban
yang kering ini, bayi saya tidak bisa bebas bergerak sehingga tulangnya bisa
bengkok/tidak sempurna (menurut analisa USG beliau bayi saya menempel di
dinding rahim). Saya dan suami sangat shock berat dan sempat membuat saya
stress dengan informasi tsb, apalagi ini anak pertama kami. Kemudian beliau
menganjurkan saya untuk minum air putih sebanyak2nya minimal 12 gelas/hari.
Setelah saya mengikuti anjuran beliau, ternyata menurut analisa beliau tetap
tidak ada perubahan (perubahannya sedikit sekali) dan saya tetap dianjurkan
untuk minum air putih yang banyak, ketika saya tanya kenapa hal ini bisa
terjadi, beliau tidak dapat memberikan penjelasan yang memuaskan. Akhirnya
beliau menganjurkan saya utk konsul ke Dr. Yudi (ahli USG), tetapi karena
pasiennya banyak dan jadwalnya tidak pas dengan waktu saya dan suami, kami
akhirnya konsul ke Dr. Oki Sofyan di RS. Bunda (kalau tidak salah beliau
sudah grade 5 di bid. USG) Syukur Alhamdulillah ternyata menurut beliau air
ketuban saya tidak kering dan tidak ada kelainan dengan bayi saya. Bahkan
beliau menganjurkan saya untuk konsul ke dokter lainnya jika masih ragu
dengan hasil analisa beliau. Sekarang Alhamdulillah anak saya (8 bln) tumbuh
sehat dan normal.

Tapi ada juga teman saya, sampai anaknya yg ketiga ditangani Dr. Hasnah,
oke2 saja tuh ....
Mungkin cocok2an kali ya ...

Bundanya KD