hi mbak 'zr_dae' (maaf, nggak tahu nama aslinya hehe),

Keluar cairan dari telinga baby kadang bisa terjadi.  Apalagi mbak cerita
kalau baru2 ini atau saat ini masih batuk/pilek.  Masalahnya karena ada
saluran penghubung (tuba Eustachius) yang harusnya bertugas 'mengalihkan'
cairan ke hidung atau tenggorokan sedang tersumbat (karena batuk/pilek) dan
langsung cari 'jalan ke luar' lewat lubang telinga deh :)

Seharusnya kalau penyebab sumbatan itu sudah tuntas terobati (alias batuk
pilek dan gejala lain penghasil ingus/dahak/lendir di area saluran
pernapasan anak mbak sudah sembuh), cairan tsb. nggak bakal ke luar lagi.
Saat dia sudah tidak pilek/batuk/radang tenggorokan lagi, cairan seperti itu
seharusnya sudah semakin berkurang dan stop.

Umumnya infeksi di telinga anak ya karena virus. Saya kurang tahu kenapa
dokter meresepkan antibiotik, apa mungkin karena beliau beranggapan sudah
ada infeksi di area telinga bagian tengah tsb. (biasanya kalau memang
infeksi, si kecil merasa nggak nyaman dengan telinganya, suka tarik2
teilnganya, ada demam/rewel. Mbak bisa search di internet, tentang info
lebih lanjut dari ear infection atau Otitis Media, bandingkan dengan apa
yang mbak amati dari kondisi si kecil.

Meanwhile, usahakan jangan minum susu/ASI via botol susu sambil tidur atau
berbaring, antisipasi nggak semakin tersumbat.  Upayakan batuk/pilek/radang
tenggorokannya segera sembuh dengan perkuat daya tahan tubuh (makan/minum
bergizi, persering ASI kalau masih menyusui, istirahat berkualitas, dll.)

Kalau memang ada infeksi hebat atau anak merasa sakit dengan telinganya atau
kondisi seperti ini berkepanjangan, konsultasikan lagi dengan dokternya dan
asumsi saya ini baru saatnya terapi dengan antibiotik.
Masalah daya pendengaran jadi berkurang, lebih cenderung ke faktor serius
lainnya, rasanya kasus anak mbak belum sampai masuk kategori ini. Don't too
worry but keep on observing and do it tightly ya, mbak  :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

<deleted>

Kirim email ke