Akur, jeng Dini :)

Saya dulu juga merasa rada 'ribet' ya kayaknya kalau baby minum ASI perah
pakai sendok ..
Karena option yang ada dan praktis menurut saya adalah dot botol susu untuk
ASI perah, akhirnya meng-agendakan diri ambil cuti melahirkan se'mepet'
mungkin (tentu saja dengan pertimbangan memang trimester akhir kehamilan
tidak punya masalah kehamilan).

So akhirnya semua 'krucils' ditinggal emaknya ngantor sekitar usia 3 bulanan
(untuk Aleta yang lahir di bulan Desember, malah nyaris usia 4 bulan baru
ditinggal kerja karena cuti melahirkan diawali dengan cuti tahunan rutin
kantor di tiap akhir tahun).

Setelah itu, 1 bulanan pertama masuk kantor masih sering mampir ke rumah
untuk menyusui langsung di siang hari (asumsi saya kalau pun ada indikasi
'bingung puting' at least sampai usia 4 bulanan anak masih sering menyusui
langsung ke ibunya dibandingkan via dot dalam 1 harinya)

Setelah itu, frekuensi pulang ke rumah mulai berkurang, tapi tetap
berpatokan, selama saya ada di depan matanya, 'pantang' diberi ASI lewat
alat bantu :)

Setelah kenal MPASI, seiring waktu mulai diajar perlahan untuk tidak
'terlalu cinta' dengan botol susunya :)  Di antaranya, pantang bagi saya
memberi susu sebagai pengantar tidur malam (atau waktu tidur lain kalau saya
kebetulan bareng mereka), toh saya sudah di rumah dan lebih baik menyusui
mereka langsung.  Again, 'addicted to bottle' diupayakan tidak terlalu
mendominasi hari2 mereka.
Saya amati, fase 'say good bye' dengan botol susu mengalami sukses besar
setelah kenal UHT (mungkin karena sensasi minum harus dalam keadaan dingin
dan seni menuangkan ke gelasnya, yang membuat mereka lupa sama botol susu
mereka :))

So, memang anak2 saya belum pernah diberi ASI perah via sendok dan usia 1
tahun sudah punya mug favorit masin2 untuk konsumsi susu dan air putihnya :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

<deleted>