hi mbak Aida,

Akur dengan sharing moms lainnya :)
Fase 'numbuh gigi' berbeda2 tiap anak.  Nggak usah panik 'nggak bakal numbuh
gigi selamanya' karena kasus seperti ini ada tetapi langgkkaaa sekali :)

Jovan waktu usia 1 tahun lebih masih berpredikat Mr. Toothless :) Biasanya
tanggal gigi susunya juga nanti akan lebih lama. Itu sebabnya sampai mau
masuk kelas 2 SD giginya belum ada yang tanggal.  Adik2 adiknya usia sekitar
10-11 bulan baru tumbuh gigi pertamanya.

O iya, kalau pun belum tumbuh gigi, jangan terus diberi bubur puree atau
yang 'lembut' ya, mbak.  Usia 8 bulanan ke atas sudah mulai diperkenalkan
makanan yang teksturnya dibuat lebih kasar sedikit, with or without teeth.
Jangan 'remehkan' kekuatan gusi lho untuk mengunyah makanan.  Kemampuan
menelan juga sudah 'mature' di usia segitu.

Buat aja tekstur makananya lebih kasar bertahap, supaya jangan nanti gigi
sudah pada nongol, tapi doyannya makanan lembek hehe
Lha, anak sepupunya mbak malah usia 7 bulan sudah diperkenalkan roti
coklat?  Wah ... terlalu dini kayaknya.  Usia di bawah 1 tahun sebaiknya
belum 'kenal' garam dan gula.  Jangan sampai gigi nongolnya cepat tapi cepat
juga 'bermasalah' karena karies dkk.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke