Hai Mom Mia,

setiap anak punya sifat masing2.. ada yang supel ada yang agak pemalu, sama
seperti kita orang dewasa yang perlu waktu untuk beradaptasi dengan
lingkungan baru dan orang2 baru apalagi yang menurut ia asing maka sebaiknya
jadi ortu tidak perlu kecil hati dengar komentar orang lain apalagi notabene
dsa krn toh dia bukan psikolog anak walaupun pasiennya bayi / anak2. Anak
kembarku (skrg 4th) dulu jga begitu, sampai umur 2thn lebih malah, padahal
yang mereka kunjungi itu rumah neneknya sendiri (orang tua suamiku).
Awalnya malu dan ga enak dengan mertua tiap diajak kesana menangis engga mau
masuk, untungnya om dan tante (keluarga besar disana) yang sebetulnya sudah
kangen banget mau mengerti, mereka tidak mau memaksa untuk menggendong /
menyentuh jadi cukup melempar senyum atau nunjukkin mainan2 - intinya
mencoba bersikap sewajar mungkin seolah2 anakku tidak ada disana tapi
melakukan kegiatan2 yg menarik perhatian anakku -

Yang bisa dilakukan oleh mom mia, anak2 sering diajak berkunjung ke rumah
kerabat / saudara yg berbeda2, yg dekat2 aja jadi kalo anaknya rewel kan
ortunya juga gak kesel akibat perjalanan jauh ^_^ ,, awalnya cuma mampir 5
menit, durasi bisa ditambah tergantung dari reaksi anak kita.

Atau bisa juga ketika jalan pagi / sore bayi kita ajarkan menyapa orang lain
biasanya bayi seneng dengan sesama anak kecil sampai usia SD , semakin lama
bisa kita tambah dengan menyapa orang yg lebih tua / dewasa.

Anak kembarku sih sekarang sudah berani cium tangan malah over PD tanya
macem2 kalau ada yg menarik perhatiannya sampai capek deh yg ditanya...
hihi..

Relaks aja ya mom.. have fun.. 10M lagi lucu2nay tuh..
(jd inget anak bungsuku Fathan - 10M dirumah)

Cheers,
Utami

Kirim email ke