betul betul mak Sylv,
Aisha dulu pertama kali terbang usia 6bulan, dan justru nggak ribet
krn msi ASI exclusive jadi aman damai sentosa selama take off dan
landing tinggal disusuin saja, dan penerbangannya juga jarak pendek
waktu itu (denpasar-surabaya yang cuma 35 menit) jadi itung-itung
latihan bawa bayi , next trip denpasar-jakarta 90 menit bisa dilalui
dengan tenang nyaris 4x setahun... asal lagi nggak pilek aja  sih,
sebaiknya klo lagi flu jangan dibawa terbang dulu. orang dewasa aja
berasa banget pening dan kadang telinga luar biasa sakit...  dan bayi
usia dibwah 6 bulan biasanya merasa paling nyaman di buaian ibunya jd
Insya Allah penerbangan sampe Balikpapan bakal nyaman

yang penting ibunya PD, jangan panik soale anak suka berasa en ikut rewel lho :)
bawakan mainan kerincingan atau boneka kesayangannya aja dan ajak bayi
bicara/menyanyi klo kebetulan bayinya melek. itung itung latihan
travelling dan ini membantu sekali klo punya jadual mudik/perjalanan
panjang yg rutin tiap tahun... biasanya orang tua udh keder duluan klo
musti bawa anak kecil perjalanan jauh...klo dari kecil dah terlatih
dan ortu nemu "sela"nya, dijamin ketagihan deh bawa anak anak jalan
melulu berapapun usianya, tanpa membawa dayang dayang *talking to
myself

selamat menikmati penerbangan :)