firstly, selamat menikmati ibadah puasa untuk BA members yang menjalankannya
:)

hi mbak Ryesya,

Wah ... selamat untuk kehamilan ke-2 nya, ya mbak :)
Saya cukup memahami perasaan mbak saat ini. I've been there, actually ;)

Sekadar sharing (yang semoga singkat hehe), sebelum dianugerahi Jovan, saya
juga mengalami 2x masalah kehamilan, keguguran lalu kehilangan buah hati
karena masalah yang hampir sama dengan mbak. Saya mengalami PROM/premature
ruptured of membran dari ketuban di usia kandungan 29 minggu - bed rest -
ended up dengan persalinan prematur di usia kandungan 31 minggu -
dianugerahi baby boy yang sehat tapi akhirnya harus 'berpisah' dengan dia
pas usianya 40 hari karena pneumonia. But God is really great ... saya
diberi 'pengganti' adik2 nya ... sampai 4 orang! Middle name putra pertama
saya, Luigi, saya sengaja dedikasikan untuk anak bungsu saya, just to let
him know that he always has a special place in my heart :))

Kebetulan saya alami 2 masalah kehamilan itu saat tinggal di negeri orang.
Ada 2 points yang saya ingat dari DSOG yang menangani saya: cepat untuk
kembali punya planning kehamilan (supaya tidak berlama2 dengan trauma) dan
periksakan kesehatan diri sendiri sebelumnya (antisipasi 2 kejadian
sebelumnya).

Berbekal hasil test ini-itu dari tim dokter di sana, setahun kemudian saya
hamil Jovan. Kalau diingat, ini masa2 kehamilan yang memang 'extra hati2'
saya jalani karena nggak bisa dipungkiri, rasa trauma itu tetap ada. Waktu
usia kandungan muda, saya mengalami minor bleeding (saat hamil Jovan, saya
sangat khawatir waktu deal dengan kejadian ini, walau akhirnya baru
menyadari bahwa 'minor bleeding' jenis ini cukup 'lumrah' dan jadi langganan
usia kehamilan muda saya saat hamil anak berikutnya, bahkan akhirnya nggak
lagi dialami waktu hamil anak yang bungsu yang buat saya sukses 'tandem' ASI
Aleta saat hamil Luigi :))

Apalagi menjelang usia kandungan 29 minggu, masa ini cukup 'berat' untuk
dijalani kalau ingat pengalaman kehamilan sebelumnya yang mengalami problem
di usia kandungan itu.  Puji Tuhan, masa kehamilan Jovan akhirnya dilewati
dengan lancar.  AnugerahNya nggak berhenti di situ, bahkan berlanjut hingga
Luigi :)

Sejak kehamilan Rena sampai Luigi, suami dan orang2 yang melihat saya selalu
bilang saya ibu hamil 'paling santai' menjalani masa kehamilannya (termasuk
melihat 'hamil kebo' syndrome yang saya idap juga kayaknya :))  Dokter yang
menangani saya dulu, mengirimkan e-mail suka citanya waktu saya tunjukkan
foto saya dan para krucils kepada beliau :)

So, mbak Ryesya, semoga tidak terlalu bingung sekarang. Ternyata masa
kehamilan tiap anak beda2 juga 'bawaan-nya'. Jalani dengan ekstra hati2
sambil tetap berdoa serahkan semua kekhawatiran kepada Tuhan. Never be
afraid to entrust the unknown future to the all-knowing God :)

Kalau saat ini DSOG yang menangani kehamilan ke-2 mbak sama dengan DSOG
sebelumnya, bisa juga konsultasikan tentang history kehamilan kemarin dan
minta advise beliau apa saja yang harus dilakukan untuk deal dengan
kehamilaan yang sekarang.  Kemungkinan besar mbak akan bersalin via caesar,
tapi seperti DSOG mbak bilang, teknologi dan skill medis bidang obgyn
sekarang sudah sangat OK :)

Jarak usia anak2 mbak nanti mirip dengan anak saya Aleta & Luigi.  Saat
Luigi lahir, Aleta masih berusai 15 bulan.  Lucu lho lihat anak2 rentang
usia seperti ini.  Mereka akan sering dikomentari 'anak kembar', dan sang
'kakak' akan berlagak 'sok' jadi kakak dalam beberapa hal, yang pastinya
mengundang kelucuan kalau lihat/dengar komentar atau tingkah lakunya.

Anyway, don't too worry ... take a good care to your pregnancy & enjoy it!
Sylvia - mum to Daniel (+), Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke