To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Wednesday, August 03, 2011 11:34 AM
Subject: Re: [balita-anda] IBU HAMIL PUASA

Alhamdulillah ibu eti tetap mau berpuasa walaupun kehamilannya sudah menginjak usia 7 bulan yang dimana biasanya rasa laparnya lebih meningkat. Alhamdulillah saya juga selalu puasa 1 bulan penuh di setiap kehamilan 3 anak saya.walaupun awalnya lemah tapi jika niatnya karena Allah insya Allah lulus. Tentu saja berbagai macam pengaruh akan ada jika ibu hamil berpuasa.selain harus mengubah pola dan meningkatkan kualitas serta kuantitas makan,puasa juga melatih si janin utk 'belajar' berpuasa juga. Selain karena faktor genetik,pola asuh, dan lingkungan, anak secara ruhani akan terdidik akhlaknya dan insya Allah anaknya juga menjadi soleh/ah. Tetapi jika ibu tidak kuat jangan dipaksakan karena mengingat usia kandungannya yang sudah 7 bulan. Ibu bisa menggantinya dengan hanya membayar fidyah saja jika khawatir atas keselamatan bayinya. Tapi jika khawatir dengan kesehatan ibunya juga maka diwajibkan qada pada hari diluar Ramadan.