  From: Sylvia Radjawane
  To: balita-anda@balita-anda.com
  Sent: Monday, August 22, 2011 11:07 AM
  Subject: Re: [balita-anda] Help urgent...Nasi masuk hidung anak

  hi mbak Sri,

  Gimana si kecil temannya mbak sekarang?

  Memasukkan segala objek ke telinga/hidung memang termasuk 'trend-topic'
  untuk kalangan balita :)

  Tapi kalau deal dengan kasus ini, memang perlu penanganan segera.  P3K yang
  dilakukan sebenarnya sudah OK (waktu disuruh 'buang ingus', nggak lupa kan
  kalau lubang hidung yang tidak kemasukkan nasi ditutup juga?)
  Kalau cara ini nggak berhasil, bisa juga disambung dengan cara 'mirip' CPR.
  Taruh tissue di antara hidung si kecil dan wajah kita, pencet/tutup lubang
  hidung yang tidak kemasukkan nasi, tiup perlahan lewat mulut si kecil.
  Kadang cara ini bisa buat benda jadi ter'bawa' ke luar (apalagi yang selunak
  butiran nasi).

  Kalau memang sudah cukup lama waktunya dari kejadian, maybe hanya bisa
  di-observe aja (berharap nasi tadi masuk ke kerongkongan bukan ke
  tenggorokan).
  Kalau saat ini sedang sumeng, pilek, batuk - obseve aja lebih ketat, apa
  memang si kecil kebetulan kena common cold atau ada indikasi infeksi dari
  kejadian tadi.

  Kalau saat kejadian hidung/telinga kemasukkan objects yang lebih besar atau
  lebih padat memang perlu 'serahkan ke tangan yang lebih profesional untuk
  mengeluarkannya, karena mereka punya instruments yang tepat untuk keperluan
  itu. DSA atau dokter THT termasuk pakar yang bisa diminta bantuannya :)

  semoga si kecil cepat OK ya, mbak :)
  Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

  <deleted>

Kirim email ke