mbak Sri,

Berarti sudah hampir seharian ya, mbak sejak kejadiannya?

Biasanya lubang hidung yang jadi 'korban' (kemasukan objek, ketusuk, dll.)
yang akan 'bereaksi', dalam arti kalau anak ngalamin 'meler' sekarang, hanya
di lubang hidung itu saja.  Kadang ada 'bau'/mimisan di lubang tsb. sebagai
indikasi infeksi.

Tapi di lain pihak, waktu si kecil bersin (bersin keras/berulang kali) pasca
kemasukkan objek, siapa tahu memang nasinya sudah 'keluar' tanpa ketahuan,
atau seperti e-mail sebelumnya, siapa tahu nasi 'migrasi' ke area yang
benar, yaitu ke tenggorokan, atau kalau 'meler' yang dialami memang di kedua
lubang hidung, plus sumeng/batuk/dkk., mungkin memang sedang terkena virus
common cold (pastinya infeksi common cold nggak timbul 'tiba-tiba', tapi
memang daya tahan lagi nggak fit beberapa waktu lalu dan langsung 'kalah'
deh sama serangan virus, yang kebetulan teramati di hari kemarin, yang
kebetulan lagi sebelunya ada kejadian kemasukkan nasi hidungnya :))

So, mungkin metode mirip CPR tadi bisa dicoba (nothing to lose kan ya? :)),
tapi tetap batasi sampai tahap itu saja.  Intervensi selanjutnya atau kalau
temannya mbak tetap ragu/khawatir dengan penanganan/observasi selama
seharian ini, nggak ada salahnya konsultasikan kondisinya ke dokter THT.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke