kalo Attar memang ketahuannya agak telat ya...mulai terapi pas umur 2,5
th...gara2nya cuma karena umur 2,5th belum bisa bicara, itu aja yang waktu
kitu saya perhatikan..karena kan saya juga belum tahu sama sekali mengenai
Autis, ADD/ADHD, speech delay..dan lain2....

sebenarnya gejala2 itu bisa mulai diperhatikan sejak lahir melalui tahapan
perkembangannya..
misalnya umur 5 minggu, baby mestinya sudah bisa tersenyum sosial pada orang
lain denga disertai kontak mata, tapi untuk anak Autis atau ADHD, hal itu
tidak ada..umur 5 bulan, menoleh pada suara, tapi si anak cuek aja...umur 8
bulan, mestinya mengerti perintah 'tidak boleh', tapi anak ini belum
mengerti..

tapi itu juga tidak bisa jadi patokan pasti ya..karena perkembangan masing2
anak beda2, tidak sama...

yang jelas, kalo perkembangan anak kita terasa lebih lambat dari anak
seusianya, jangan panik, tapi harus waspada dan terus dimonitor...
dan yang lebih penting lagi, rangsangan2 untuk perkembangan anak sangat
penting untuk dilakukan..karena sudah terbukti anak yang mendapat lebih
banyak rangsangan akan lebih cepat perkembangannya...misalnya anak yang
banyak diajak bicara, akan lebih cepat bisa bicara dibandingkan anak yang
kesehariannya hanya dihadapkan pada tayangan televisi......

kira2 begitu..

Kirim email ke