hi pak Ardhana,

Berhubung bukan juga sarjana kedokteran ;), ada 2 links yang bisa
menjelaskan pertanyaan bapak:
*
http://www.brooksidepress.org/Products/Military_OBGYN/Textbook/Newborn/Newborn.htm
*
http://www.babycenter.com/0_what-happens-to-your-baby-after-delivery_182.bc

Dari hasil baca sekilas, kayaknya memang bayi waktu lahir (lewat persalinan
normal), ada mucus/lendir dan cairan ketuban di paru2 mereka yang perlu
dibersihkan/dikeluarkan sebelum dia mendapatkan pengalaman pertama bernapas
sendiri.
Mostly, berlangsung alami, dilakukan bayi sendiri. Misalnya dengan dia
batuk/bersin, menangis keras, dll. Malah sebelum bahu bayi dikeluarkan dari
jalan lahir, team medis sudah 'membantu' membersihkan cairan amnion dari
mulut dan hidungnya. Supaya pengeluaran tsb. berlangsung 'tuntas .. tas'
juga bayi 'butuh bantuan' , di sini deh peran 'suction' dimulai oleh team
medis :)

Setelah step ini, mungkin mulai dilakukan evaluasi terhadap bayi baru lahir
ini, di antaranya dengan menentukan status APGAR nya. Mulai deh dilihat
kondisi pernapasannya, warna tubuhnya dan jantungnya, selain dari refleks
(nangis keras atau nggak), dan ototnya.  Asumsi saya, kondisi bayi baru
lahir tertelan cairan ketuban ada sedikit/banyak dampaknya dengan hasil
evaluasi bayi tadi, so ends up dengan monitor lebih intens. Sebaliknya,
kalau kondisi newborn sudah stabil, agenda IMD bisa dilakukan.

Adalagi kasus 'keracunan cairan ketuban', biasanya untuk kehamilan tua yang
sudah 'lewat waktu', baby di dalam rahim keburu BAB/BAK, nutrisi sudah
menipis, cairan ketuban sudah menghijau warnanya , dan lingkungan rahim
sudah 'nggak baik' deh untuk sang janin.

So, setiap menjalani kehamilan, ada 2 hal yang saya rajin lakukan:
* Cermat dengan usia kandungan (penting banget tuh untuk tahu pasti hari
ke-1 dari haid yang terakhir kali sebelum hamil), ini bisa jadi rujukan
selain data usia kandungan yang kita tahu dari hasil USG dan jadi antisipasi
agar usia kandungan kita tidak 'terlalu tua'
* Selalu monitor pergerakan bayi (raba dan hitung) setiap harinya secara
reguler, dan makin rajin melakukannya waktu usia kandungan sudah mendekati
persalinan. At least ini pemeriksaan standar yang bisa kita lakukan untuk
tahu 'kondisi' buah hati kita di dalam :)

Anyway, selamat untuk kelahiran putri tercinta nya momy Nino & Darrel.
Semoga si kecil cepat pulih dan segera pulang berkumpul dengan keluarganya
di rumah.  Kalau memungkinkan, tetap rajin 'nitip' ASI perah untuk si kecil,
ya mbak ..

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke