Berikut summary-nya......

From: [EMAIL PROTECTED]

Berdasarkan pengalaman pribadi.

keuntungannya : anak akan lebih nyenyak dan nyaman tidurnya.

kerugiannya :
- tagihan listirk jadi naik drastis
- harus sering bersihin filter, 3 bln sekali, kalo gak anak bakalan sering
batuk.
- kalau terbiasa di AC anak akan gampang berkeringat di ruang tanpa AC
- kalo pulang kampung dan di sana gak ada AC-nya bakalan jadi masalah
-
Saran:
- kalo beli AC cari yang arah anginnya ke atas, bukan ke bawah...masuk angin
- kalo anak gak kegerahan AC-nya gak usah dihidupin aja

From: Susi [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Menurut pengalaman saya, AC aman digunakan asalkan suhunya tidak terlalu
dingin, pokoknya asal sejuk saja (kalo saya pasang 25-26 derajat) dan yang
perlu diingat juga, arah angin dari blower tidak langsung ke tubuh bayi,
tapi diarahkan ke sisi yang lain.

From: Kristin [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Anak saya dari umur 2 bulan juga pakai AC. Soalnya 1 bulan  harus nginap di
RS karena prematur.
Jadi kebiasaaan deh pakai AC nya sampai skrg (skrg sdh umur 20 bln).
Sampai skrg tdk apa2, hanya problemnya, kalau tidak pakai AC, tidurnya
gelisah, sering bolak-balik (guling sana-sini).
Hanya saja, lebih baik AC nya dikecilkan sedikit demi sedikit derajat
temperaturenya dan harus sering dibersihkan saringan udaranya
juga anaknya dipakaikan baju tidur lengan panjang dan celana panjang.
Pengalaman anak saya, karena sebelum bobo, dia sudah pipis, malemnya dia tdk
pipis. Mungkin males bangun kali yah? Sudah nyenyak tidurnya
:)

From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Bayi-2 sekarang kebanyakan sejak lahir udah pakai AC di RS,
pulang ke rumah enggak pakai AC pasti rewel. Keuntungan
pemakaian AC, anak lebih nyenyak tidurnya tidak kepanasan di
Jakarta ini. Anak saya  tidur di AC pun keringatan jadi tidak
perlu celana panjang dan baju panjang, malah dia menggunakan
kaos tanpa lengan. Kerugiannya, anak jadi enggak fleksibel
kalau mati lampu jadi rewel tidak bisa tidur. Saringan AC juga
harus rutin dibersihkan +/- 2 minggu, dan service AC setiap 3
bulan sekali supaya debu yang menempel tidak menyebabkan
penyakit anak.

From: Dani Oktiono [mailto:[EMAIL PROTECTED]

ikutan nimbrung.....
kami juga mengalami hal yg sama....tengah malam
anak sering terbangun...nangis....karena merasa gerah..
apalagi anak kecil....kepala nya sering berkeringat.
sehingga tempat tidur basah oleh keringat dari kepala tersebut.

sejak pasang AC.....anak masih tetap menangis....
bukan kegerahan.......tapi karena mimpi....dan haus.

kalo ukuran kamar tidak terlalu besar.....
pilih AC 3/4 Pk saja..., jangan 1 PK....walaupun selisih
harga AC cuma 100  ribuan. tapi untuk biaya operasi pemakaian listriknya.
jauh lebih irit. (karena AC 3/4 PK ukuran watt nya lebih kecil dari AC 1 PK)

Penyetelan temperatur AC =
menurut dsa kami.....jangan terlalu dingin.......sebaiknya di set sekitar
20 - 25 C. saja.
udara nya cukup sejuk.

From: 030024 [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Ikutan juga aahh..

Dirumah ( kamar tidur )  AC nya cukup yg 1/2 PK. Tiap malem di set di temp
27C, trus di set waktunya maks 4 jam.
Selebihnya pake kipas angin.

Keuntungannya ya kebalikannya dari kerugian yang ditulis Oom
[EMAIL PROTECTED] aja..

From:   Renni Afendi [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Kalau tentang pipisnya yang jadi jarang.. mungkin itu karena banyak keringat
yang keluar jadi air yang harus dikeluarkan ( yg biasanya jadi pipis )
sedikit berkurang. CMIIW.
Beto dari umur 3 bulan selalu pakai AC kalau tidur karena memang dia nggak
tahan panas, dan kalau keringetan sedikit aja langsung merah-merah.
Sama seperti yang lain, asal sering dibersihkan filternya dan tidak terlalu
dingin, pemakaian AC sepertinya tidak akan jadi gangguan.

From: afie reno [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Dear All,
Anak saya juga jadi terbiasa pake AC dikamar sejak umur 2 bulan sampai
sekarang 21 bulan.
Cuma saya jadi ingin tanya, ada nggak ya yang punya pengalaman sama dengan
saya???
Sejak pake AC, saya rasa saya jadi cepat haus, begitu juga dengan anak saya,
jadinya dia minta minum terus setiap 4 jam... dan mulut jadi kering. Jadi
lebih sering bangun.
Saya nyetel AC-nya 26 C, yang cool dan economic.
Please sharingnya ya.
Salam Afie.

From: Nilam Sari, DHL Express - ID,JKT-CO [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Mbak, anakku Felita malah dari lahir sudah pake AC dan saya sudah konsul
dg DSAnya dan dibolehkan asalkan suhu udaranya tidak boleh kurang dari
26 dc, sampai sekaran juga masih pake cuman pakenya kalo hanya tidur
malam hari saja krn kalo siang kalo tidur dg AC malah tidak bisa tidur
gak tahu kenapa begitu, jadi segi positifnya bagi kami tagihan
listriknya tidak membengkak  jadinya.

From: [EMAIL PROTECTED]

Kalau pakai AC artinya humidity ruangan jadi rendah
sehingga laju penguapan keringat/cairan tubuh akan lebih tinggi (bukan lebih
cepat berkeringat lho)
sehingga tubuh cepat merasa haus karena penguapan tinggi itu.
sehingga kulit jadi kering karena penguapan itu juga.
Kalau humiditynya terlalu rendah, mata jadi cepat pedas/sakit dan
tenggorokan
juga gampang sakit.
Makanya jangan terlalu dingin ngeset AC-nya, karena kalau suhu rendah, dew
point
nya akan rendah juga,
sehingga humiditynya rendah juga. (berlaku untuk ruangan tanpa humidifier)

From: Hepi Santosa [mailto:[EMAIL PROTECTED]

saya bantuin, begini kira-kira :
Kalau pake ac tingkat kelembaban (banyaknya uap air di udara) makin rendah
sehingga keringat cepat menguap , tidak keleleran atau membasahi tubuh,
makanya udara di ruangan ac biasa disebut udara kering.
Nah kalau kelembabannya tinggi, artinya banyak uap air diudara sehingga
makin sulit menguapkan cairan tubuh, badan jadi berkeringat.. pernah ke
sauna ? ya.. seperti itu
apa betul ?? he..he..he

From: Ayah Salma [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Sekedar ikut sharing,
sebenarnya memang belum ada penelitian khusus tentang
penggunaan AC untuk batita/balita, setahu saya.

Tetapi saya pernah membaca artikel (lupa kapan dan dimana) tapi
seingat saya isinya harus hati-hati dalam penggunaan AC di
dalam ruangan kamar tidur dalam jangka waktu yang lama
(lebih dari satu tahun).  Hal ini akan berpengaruh terhadap
kondisi tubuh seseorang terhadap udara dingin yang kering dari AC.

Seperti kita ketahui,
sebenarnya AC walaupun sepertinya lembab, dingin dan nyaman
tetapi sebenarnya mengandung udara yang kering.
Makanya apabila terlalu lama dalam ruangan ber-AC maka
kita merasa sering haus dan kulit menjadi kering.

Seingat saya juga, dalam kurun waktu yang lama (lebih dari 1 tahun)
apalagi dalam keadaan tidur dimana dalam kondisi tidur sel-sel dalam tubuh
kita yang telah aus diganti dengan yang baru yang terjadi dalam kondisi
udara yang kurang normal (dingin yang kering) akan menjadi ketergantungan
bila kita berada pada kondisi yang normal (panas atau dingin dengan udara
yang bersih).  Dan tentu hal ini akan berpengaruh terhadap kepekaan tubuh
terhadap cuaca di luar.

Selain itu, apabila ruangan ber-AC lebih dari satu tahun,
 terdapat kemungkinan munculnya jamur atau serangga yang nginap diruangan
tersebut akan kebal dengan kondisi ber-AC dan ini akan mengakibatkan
munculnya endemi sebagai sumber penyakit baru.

Saran saya,
sebaiknya dipertimbangkan dengan masak-masak penggunaan ruangan tidur yang
ber-AC.

Maaf, mohon dikoreksi kalau ada kesalahan.

From: Ade Novita [mailto:[EMAIL PROTECTED]

jadi pengen ikutan nih... aku dulu juga pakai ac bahkan bela belain belinya
ampe kredit segala di carefour, aku beli 1 pk krn rencana aku mau taruh
diruangan keluarga tempat reva sering main dan dipakai siang hari, eh pas
udah beli mertua iri jadilah ac dipindah ke kamar dan dingin bangettttttt
bahkan dgn suhu 26, aku juga sering merasa haus.  terus kalau main ke rumah
mertua reva kegerahan krn nggak ada ac.

belakangan nemu dsa baru beliau bilang better ventilasi udara diperbaiki,
pakai exhaust fan, dan kalaupun pakai ac sering sering dibersihin dan tetap
pakai exhaust. kalau bisa tinggi rumah ditinggiin ada void dll.

sekarang pilihan aku ac nggak pernah diidupin tapi mungkin kalau ada rezeki
pindah rumah bakal aku pakai lagi diruang keluarga tempat interaksi dan tdk
dikamar tidur.  ya adaptasi dulu memang cuma koleksi baju menyerap keringat
dan you can seenya tambah banyak. jadi nggak gampang biang keringat atau
kegerahan.

rumah nyokap sekarang sedikit aku renovasi dgn nambah ventilasi dgn kawat
nyamuk dengan tetap gunai exhaust fan. angin malam? nggak begitu terasa krn
kan masuknya dah disaring kawat nyamuk dan diatas pula. kawat nyamuknya aja
yg sering aku berisihin atau ganti baru kalau kotor banget

tapi jakarta emang panas banget ya.. udah gitu rumah yang didepannya sering
dilalui kendaraan umum juga pasti memilih rumah tertutup rapat kali ya jadi
mesti pakai ac paling dibantu ama exhaust kali ya.. dan sering sering minum
biar kulit nggak kering

From: Irman [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Pakai AC 1/2 PK aja sudah dingin kok untuk kamar yang tidak terlalu
besar.
Paling saya pake AC sampai jam 23.00 saja.
Anehnya, AC saya stel 28 C saja sudah dingin banget, makanya lebih
sering setel ke 29 - 30 C. (Temen2 bilang sama saja itu ga pake AC, tapi
menurut saya tetap ada bedanya).
Kalau sampai harus distel sampai 20 C, hati2 saja. Bisa2 kena paru2
basah.

From: Bambang Agustutianto [mailto:[EMAIL PROTECTED]

sudah lah....
jangan pake AC, ntar nafasnya pendek kayak saya...
saya dari kecil dah pake AC, selalu di 20 drajat....sekarang mudah cape kalo
harus lari keliling lapangan bola....

From: Nurwida Anas [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Mo ikutan soal AC, anak saya udah pake Ac sejak baru lahir. Kasiannya
kalo lagi batuk dan pilek, kalo gak pake AC keringetan dan tidur gak
nyenyak dan kalo pake ac jadi batuk dan nafas tersumbat, hal ini
disebabkan krn udara ruangan ber AC kering. Nah waktu saya konsultasikan
ke dokter -waktu itu dr Sisca di bagian fisiotherapy Hermina Jatinegara
blio menyaran utk menaruh air satu ember/baskom kedalam kamar utk
menetralisir udara yg kering. Ternyata waktu saya coba memang cukup
menolong, kami bisa tetap pake ac sementara Aulia gak sering batuk krn
AC.

Salam,
Ibu Aulia

From: [EMAIL PROTECTED]

Air di baskom berfungsi sebagai humidifier. (cerdik juga tuh)
Bahayanya kalau nanti terlalu humid/lembab malah jadi paru-paru basah.
(kan gak ada kontroler humidity/kelembabannya)
Kalau saya sih lebih suka suhu di set 27 degC.
pintu kamar selalu dibuka kalau AC nyala. (kebetulan gak ada pembantu or
orang
lain)
dan AC hanya nyala kalau terasa gerah saja.

From:   Yulia Nuryanti [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Dari zaman saya SMU, saya ingat banget guru saya pernah bilang kalo udara
dari AC dilewati ke air dan terhirup oleh kita, jadi bahaya karena bisa
bikin paru2 basah. Tapi mungkin pertimbangan dari dokter tsb karena quantity
airnya tidak signifikan, shg humiditynya realtif kecil (memang tetap saja
sih nggak bisa tau kelembabannya masih dalam toleransi atau nggak)...

From: 030024 [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Kalo saya di "sambung" pake kipas angin..

Kebetulan dirumah kamar tidur saya hasil penggabungan 2 kmr, jadi lumayan
legaa..
make AC cuman 1/2 PK, udah cukup dingin kok ( di set 27 ).

From: ruri [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Pak, Tanya donk.
Kalo nyalain ac cuman sampe jam 23.00 terus sampe pagi gimana? Maksudku
khan kalo kita pake ac di kamar, idealnya pintu dan jendela ditutup
supaya dinginnya ac efektif. Nah kalo si ac cuman ampe jam 11 malem,
abis itu pengap donk kamarnya? Soalnya aku tidur sekamar sama si kecil
(maklum masih nebeng ortu) dan kita biasa pake ac, setelannya 22 C,
kadang kalo ujan cuman 24 C tapi mulai siang udah dinyalain 16 C mau
tidur baru dinaekin jadi 22 - 24 ampe pagi bangun tidur, abis kalo siang
puanas rek. Soalnya kamar kita lumayan besar sekitar 6 x 2,5 mē n ac
cuman 1/2 pk, jadi gak gitu dingin.
Sharing donk pak, gimana strateginya biar tagihan juga gak gede-gede
amat.

From: [EMAIL PROTECTED]

Ruangan 6 x 2.5 m asumsi tinggi ruangan 2.75 m, jadi vol.ruangan 41.25 m
cubic
Thumb role untuk ngitung butuhnya AC berapa PK :
vol. ruangan x 180 (utk kamar) = 7425 BTU = +- 3/4 PK
1 PK = 9000 BTU.
Kalau mau ngitung yang bener sulit, saya training 2 minggu di UI baru paham
75%.

Kalau pakai AC di ruangan tertutup tanpa ventilasi ya pasti kering dan
pengap
dong.
Dari mana fresh air masuk?
dari mana dapat menggantikan uap air yang hilang karena condensasi di AC?

Pakai AC, ventilasi tetap harus ada, misal kisi-kisi di atas jendela/pintu.
jangan semua ditutup plastik.
Masih tetap dingin kok kamarnya. (tapi kalau cuma 1/2 PK ya........)
Di set 16 degC juga percuma, gak bakalan tercapai tuh suhu segitu.
(meskipun semua ditutup rapat)

Tapi yang penting gak gerah aja kan, jadi OK aja 1/2 PK.

From: Irman [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Kalau pake itung-itungan, biasanya untuk perangkat tertentu yang harus
berada di ruangan dengan suhu tertentu.
Kalo buat kita, mau suhu 16 C, bisa flu tuh. Yah asal ada angin sejuk
yang sepoi-sepoi saja.

From: Irman [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Kamar saya ada ventilasi udara keluar yang dilapisi kawat nyamuk. Jadi
kalau lewat jam 23.00 udara sudah mulai ga panas. Kalau ruangan tengah
saya pakai ceiling fan, sehingga ga terlalu panas.
Baru kalo Vina mau tidur siang, kita nyalain AC kamar. Jadi AC-nya nggak
hidup terus.
Pakai exhaust fan juga bagus. (Saya pakai sebelum punya AC). Cuma
kadang2 panasnya juga masih terasa.
Saya dapat saran dari dokter, kalau ada anak kecil setelan AC-nya
maksimal 25 C, supaya anak ga sakit.

Untuk saat ini lumayan tagihan listrik paling besar 160 rb

Disclaimer: This email has been scanned by Indosat's VirusWall system !!!

Indosat's Security Administrator