Pak,

Anak saya baru 6 bulan sih, tapi ini sekedar sharing aja ya...krn pasti
tiap anak beda umur beda habit. Dulu dia tidur sesuka dia bisa sampe jam
2-3 pagi baru mau tidur biar pun tidur siangnya kurang. Trus ntar bangun
paginya bisa jam 9 ato jam 10, main-main dan kemudian tidur siang lagi
kira2 menjelang jam 3 sore sampe jam 4 sebelum mandi. Trus saya pikir
gak bisa nih dibiarin gini terus, karena bukan kita yang harus ngikutin
dia tapi sebaliknya soalnya kan kita yang udah tau konsep waktu to..
Sekalian ngajarin disiplin ceritanya (jujurnya krn ayah bundanya jadi
telat kerja mulu)
Ya sudah trus saya bertekad deh untuk ngerubah jadwalnya dan kebetulan
saya baca tuh di babycenter.com dan parentsplace.com ttg cara ngajarin
anak tidur sendiri dst..dst.. Saya terapin deh buat Aimee di rumah.
Karena kita harus berangkat jam 7 dan saya pengen mandiin Aimee kalo
pagi, maka dia harus bangun jam 5.30, main di teras bentar hirup udara
pagi (hehehe) mandi jam 6. Tidur siang maksimal 3 jam. Selebihnya harus
diajak main.
Malemnya, kata si parentsplace, kita harus mengkondisikan supaya dia tau
bahwa jam 8 adalah waktu tidur. Nah kalo Aimee tiap jam 19.30 udah aku
ganti baju tidur, trus lampu di matiin. Disetelin lagu pengantar tidur
(dia sih suka Lovely Baby vol 4) sambil dikasih susu. Jam 8 udah pasti
langsung letoy pengen tidur. Awalnya emang susah, tapi harus tegas dan
disiplin, kalo dia nangis minta main saya cuekin. Kalo ayahnya dateng
dan pengen ngajak main pas jam itu, NO. Hasilnya setelah 2 minggu dia
udah terbiasa dengan semua ritual itu dan sekarang setiap jam 19.30 udah
lemes, jam 20 udah tidur. Dimanapun, termasuk pas lagi jalan2 hehehe.
Kejam ya. Bahkan sekarang dia bisa tidur sendiri di boxnya tanpa di
goyang2/ digendong sampe tidur.

Segitulah... Semoga bermanfaat, harus tegas pak. Karena kita lakukan
yang terbaik buat si kecil kita..

Regards,
array