Hi mba Agita and all,

Kmrn mlm, adik sy dah konsul lg.
Myoma adik sy w:10cm 'n l:18cm dan kedalaman akarnya sdh 5.5cm di dinding
rahim. Kondisi saat ini lbh bsr myoma-nya drpd kandungan, dan si baby baik" sj
tdk tpengaruh myoma dgn pertumbuhan sgt bagus sesuai bulannya.

Idem dgn obgyn yg ptama, ga bs cesar lahiran sekaligus 'mencabut' myomanya.
Selain beresiko pendarahan hebat,letak yg berbeda dgn pembedahan cesar lahiran.

Oia,msh mnrt beliau, myoma ini ga bs mengecil :(

Smtr tdk ada tindakan yg dpt diambil kr resiko kpd kandungan cukup besar,
bleeding bahkan bs mengakibatkan abortion/ keguguran.

Pola makan sedikit menyesuaikan, sedikit2 tp sering n teksturnya lunak/lembut
dn kurangi yg berserat/ keras agar sistim pencernaan tdk bekerja trll keras dn
membantu proses penyerapan gizi dr makanan tsb juga

Saat ini lbh baik hindari: daging sapi, perbanyak makanan yg byk mengandung
antioksidan, miss. Strawberry, anggur,

Pastinya, adik sy akan mengalami rasa sakit akibat kontraksi desakan myom dg
organ2 lain yg ada d rongga perut. (Dgn adanya baby di rahim, 'ruang gerak'
myom ini jd terganggu)
Tipsnya: kl kontraksi jgn di elus :) akan merangsang kontraksi itu utk terus.
Kl sakit: alihkan ke hal lain, utk mengurangi rasa sakit itu dg bernyanyi,
mendengarkan musik, ngobrol2 dg si bayi, rebahan, tarik nafas dlm2,merilexkan
pikiran, dll

Nikmatin kondisi yg ada, kr myom itu salah satu rejeki ygh diberikan Tuhan kt
obgyn-nya :), gada yg tahu drmn itu dn bgm bs ada d situ. Kita ga bs berbuat
byk saat ini utk si myom ini, makanya, lbh baik focus ke baby n mom-nya
sendiri....

Sekian laporan konsul.."̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮‎​
Terima kasih utk sharing" yg ada yah mom. Doakan adik sy dpt menjalani proses
kehamilan smp lahiran dgn baik dan semua sehat".

Thanks BA

Brgds,rumia
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT