From: Sylvia Radjawane <sylvia.radjaw...@gmail.com>
Date: Tue, 24 Jan 2012 12:47:35
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] ibu gagal

hi jeng Niken and all moms BA ..

Wow ... seru ya baca sharing moms  tentang issue ini, Jadi ikut
semangat untuk terus menikmati peran 'being a mother' bagi anak2 saya
:)

Jeng Niken dengan subject e-mail 'ibu gagal'? ... yang pasti postingan
cerita tentang Farrel dan adik2 nya tidak pernah gagal membuat saya
tertawa :D)

Saya pikir nggak lah, kita semua bukan kategori 'ibu yang gagal' :)
... dengan cerita di sini tentang 'babak belur' nya berperan sebagai
ibu yang harus deal dengan anak2 balita yang tantrum, lagi susah
diatur, picky eater, nggak bisa lihat emaknya 'santai' sejenak, and so
on sudah menunjukkan kita semua peduli dan mau selalu cari tahu
bagaimana menghandle situasi seperti ini. It's not 'gagal' at all :)

Dari 22 macam sharing e-mail (jumlah yang saya lihat saat saya menulis
e-mail ini), tidak ada 1 pun yang menyiratkan untuk give up dan
berencana menukar peran 'ibu'nya dengan kondisi lain :) Berani
bertaruh, para krucils yang 'sedang kita omongin' ini pun tidak mau
menukar ibunya dengan hal lainnya di dunia ini haha ..
Justru akan 'aneh luar biasa' kalau ada yang claim sebagai a 'perfect
mother' without defect di sini hehe

Baca e-mail2 tadi, jadi ingat kalau setiap hari saya harus deal dengan
Jovan (8 y.o - stick to orderliness boy), Rena (6 y.o - bagai 'langit
dan bumi' dengan Jovan, enjoy dengan 'berantakan' nya, but has natural
gift as big sister yang mau ngemong adik2 nya), Aleta (4 y.o. -
persistent girl tapi sangat2 melankolis) dan Luigi (2,5 y.o - comedian
yang sangat2 menikmati 'takdir'nya sebagai anak bungsu) ....
Bayangkan apa jadinya waktu saya harus 'deal' dengan 4 karakter
berbeda ini dalam waktu bersamaan .. every single day ;)

Jadi ingat juga, saat saya harus berusaha keras menahan diri untuk
'tidak keluar asap dan tanduk di kepala' saat menghadapi 1 dari ke-4
mahluk kesayangan saya itu, dan mendengar kakak ipar saya yang anaknya
sudah teenager ... 'trust me, you're gonna miss this .. badly' hehe

So far, ada way-outs yang saya rajin lakukan:
* Belajar (for me it's hard thing to do), untuk meminta maaf kepada
anak2 saat harus 'terpaksa' tidak bisa mengontrol diri untuk
'menaikkan desibel suara' atau membuat mereka sedih
* Bekerja sama dengan papanya anak2 saat menghandle mereka ber-4. So,
sudah pasti banyak sekali event 'dad with the girls' , 'mom with the
boys' dan sebaliknya.
* Sering2 'nge-date' dengan hubby, merelakan diri 'diculik suami'
sebentar untuk hang out berdua to keep our minds rational and sane :)

Sedikit memodifikasi dari yang khotbah gereja minggu kemarin yang saya dengar:
Waktu deal dengan keseharian anak2 kita yang mungkin harus 'babak
belur' dengan emosi jiwa karena fase tantrum anak, juggling untuk
manage waktu antara kerjaan kantor dan rumah, perilaku si kecil yang
bikin 'naik darah', kejenuhan/kebosanan, ingat saja ini:
"When you combine your passion with determination - expect a
Masterpiece" ... our children for sure :)

So, keep on being a mother, a good one, for all of our children :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi