From: Sylvia Radjawane <sylvia.radjaw...@gmail.com>
Date: Mon, 30 Jan 2012 15:15:15
To: balita-anda<balita-anda@balita-anda.com>
Subject: [balita-anda] [Sharing]Movies: The Iron Lady vs I don't Know How She
Does It :)

hi BA parents :)

Senangnya sudah mulai masuk bulan February ... time to watch good movies then :)

2x weekends kemarin menyempatkan diri berdua hubby nonton 2 film ini:
_The Iron Lady_ dan _I don't Know How She Does It_ :)
Bersyukur banyak lesson learned yang bisa didapat while enjoying
'every weekend-fun activities' seperti ini (kebetulan keduanya
bercerita tentang kehidupan seorang ibu yang memilih menjadi working
mom) dan coba sekadar sharing di sini :)

_The Iron Lady_ .. wow, dimanja dengan akting kelas Oscar nya Merryl
Streep yang mumpuni (kerasukan tepatnya) roh Margareth Thatcher yang
diperankannya :)  Ada adegan yang selalu mewarnai kehidupan working
mom: berangkat bekerja disertai tangisan protes anak2 nya, memilih
sesuatu untuk mengingatkan anaknya (perhiasan favorit British PM
ternyata kalung mutiara 2 rantai ganda yang mengingatkan dia akan
'twins' nya hadiah suaminya), wanita yang setiap hari 'berkelahi' di
dalam dunia politik dominasi pria yang sempat berujar, 'In my day, it
was more important to do something than to be someone'.

Satu hal istimewa dari movie ini (saya nggak tahu apa memang ini real
life nya Maggie atau hanya modifikasi dari sutradara yang kebetulan
juga wanita), Ms. Thatcher punya kedekatan yang luar biasa dengan
suaminya, Dennis Thatcher. Pribadi terdekat yang 'tahu banget' cara
'mendekati' si Iron Lady dengan cara 'unik'nya ... dan berhasil :)

Ketika anak2 sudah dewasa and have their own business and life, yang
'tersisa' adalah kita dengan spouse kita yang kalau tidak terbiasa
punya relationship yang baik, akan terlihat 'canggung' satu sama lain
saat tua nanti :)  Saya belajar, sebaik apa pun kita mengasuh dan
membesarkan anak2 yang dipercayakan kepada kita, jangan pernah lupa
bahwa kita harus punya great relationship dengan spouse kita,
hopefully hal seperti ini juga yang 'dibaca' oleh anak2 kita, melekat
dalam memori mereka untuk nantinya dipraktekkan saat mereka punya
suami/istri kelak :)
Untuk saya pribadi, bukankan janji pernikahan ' .. dalam keadaan baik
dan buruk, sehat dan sakit' saya ucapkan di hadapan hubby tercinta,
bukan di hadapan anak2 kami :)

_I don't Know How She does It_ diperankan ringan oleh queen of _Sex
and the City_, Sarah Jessica Parker, ibu bekerja dengan 2 anak kecil
yang memanage diri sedemikan rupa untuk menangani semua pekerjaan di
kantor dan di rumah, relationship dengan suaminya juga masalah
pribadinya sendiri.  Saya suka dengan statementnya: "wanita
multitasking seperti halnya juggler (pesulap yang sekaligus
melempar-tangkap beberapa benda), the issue is not about bagaimana
menangkapnya, tapi bagaimana melemparnya" hehe -- hanya menggunakan
point view yang berbeda, bukan dari 'menangkap' nya karena akan selalu
merasa 'kewalahan', tapi dari 'melempar'nya as if to say 'come on,
mana lagi yang harus saya lakukan, I'm ready' hehehe

Satu lagi, adegan di mana sang Mama harus berusaha keras tidak
menangis saat berpisah dengan anak2nya karena akan dinas luar,
berujar, "anak2 bisa lewat dari fase 'separation anxiety' nya sekitar
usia 2 tahunan ke atas, untuk para ibu?  tidak ada batas usia! ...
dalam arti 'separation anxiety' untuk semua ibu dengan anak2 nya
adalah 'sepanjang masa' :)

Dari ke-dua movies ini, saya belajar bahwa sebagai a mother (whether
she's a working mom or full time mom), kita wanita selalu deal dengan
multitasking dan terkondisi untuk sama sekali 'tidak terbebani' dengan
predikat itu :)

So lets be proud to be a woman, wife and mother .. :)
(ehem ehem .. buat BA members yang pria ... just love your spouse
unconditionally, that's all we ask for ;))

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi