From: bunda khadijah <bunda.khadi...@gmail.com>
Date: Wed, 1 Feb 2012 13:21:52
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] Oot-ada yg jual bubur bayi tanpa tmbahan?
Dear all,

Sharing aja, saya dulu juga pake tepung gasol :-)

Tapi, beberapa waktu lalu, baca dari milis Gizi Bayi Balita, kata Pak Wied
Harry, ahli gizi, lebih bagus jangan dari tepung, tapi dari beras beneran,
dimasak, baru dihaluskan.. :-)

Apa bedanya? Berikut copy paste penjelasannya, semoga bermanfaat : )

===

Ukuran molekul bahan makanan ketika dimasak mempengaruhi kemudahan bahan
makanan tersebut diserap oleh tubuh kita.

Bubur halus dari beras (beras dimasak hingga menjadi bubur, kemudian
dihaluskan) lebih lambat menaikkan kadar gula darah dibanding bubur terbuat
dari tepung. Jika setiap kali makan, tubuh bayi kita mengalami lonjakan
kadar gula darah, maka pankreas harus terus aktif merespon dengan cara
memproduksi insulin, agar kadar gula darah yang naik bisa segera
dinormalkan. Jika pankreas terus-menerus bekerja keras, maka pankreas akan
cepat aus. Kalau pankreas sudah aus, maka kemampuannya menghasilkan insulin
akan menurun, sehingga gula darah berlebihan akan tetap saja berlebihan -
dan ini menjadi pertanda pradiabetes atau malah sudah diabetes. Saat ini,
kasus anak-anak (bahkan sekarang sudah banyak yang usia pra-TK) pengidap
diabetes tipe-2 (diabetes karena pola makan) sudah semakin banyak.

Saya sering disanggah dengan pernyataan "kan akhirnya sama-sama dihaluskan
juga, kok bisa salah satu lebih cepat menaikkan kadar gula darah?" Rupanya
yang menyanggah pernyataan saya lupa (pernyataan ini saya kutip dari hasil
penelitian, tapi saya lupa sumbernya) bahwa merebus makanan dengan potongan
kecil-kecil akan lebih mudah melunakkan jaringan makanan tersebut dibanding
dengan makanan yang direbus utuh atau dalam potongan besar. Bukankah ini
mendandakan bahwa (cairan) panas ketika perebusan lebih mudah menembus
molekul makanan jika makanan tersebut berukuran kecil, apalagi yang
dihaluskan, daripada yang utuh/berukuran besar?

===