Pagi mom,
Kbtulan ank sulungku ada asma, tp kdang2 aja kumatnya. Pnjelasn doktr adlh,krn
ankku alergi (kturunan alergi,kbtulan yg sulung manifestasinya ke
prnafasan-asma). Pncetusnya biasanya batuk-pilek,brat bdn brtambah,AC lama gak
diservis,seprei lbh dr sminggu gak diganti,stres mau ujian. Dan doktr sarankan
ankku di les-kan renang yg rutin utk mngatur prnafasannya.

Obat2an pernah dikasi Ventolin/Lasal s/d Meptin Swing Haler. Tp Alhamdulillah
sjak klas 4SD (skrg 1SMP) asma cuma 1-2x kumat,krn dijaga (rutin renang,mkn
dijaga,gak jajan smbarangan,dll).

Asma gak nular mom,krn itu bawa'an masing2 individual. Yg bisa dilakukan adlh,
mencegah pencetusnya spy gak sering kumat.
ciri2nya, dada ank bgn atas biasanya jd lbh naik krn sesak, nafas pndek2 dan
bbrp ada yg sampai bunyi "ngiik ngiikk" (tp ankku nggak),lalu klo udh sesak bgt
bs sampai muntah dan pucet bgt.

Obt tradisional byk versi,tp aku gak mau ah,hiiyy. Yg aku tau dibawa ke pantai
pagi2 krn udaranya lbh hangat.

Smoga membantu ya,
Finny Tulipware
Mamanya Ais (12th) & Zahra (6th)