Hai Pak,

Saya seorang ibu satu putra 4 tahun yang juga tengah hamil anak kedua 16
minggu.
Saya juga punya asma sejak kecil pak. Saya mau coba share ya...

1. Setahu saya asma itu tidak menular pak.... Asma saya karena faktor
keturunan (dari keluarga nenek saya sudah turun temurun ada yang asma).
Asma itu disebabkan karena faktor alergi, juga faktor keturunan pak...
Walaupun saya sejak kecil menderita asma, anak dan suami saya tidak terkena
asma. Karena asma tidak menular. Kemungkinan saya akan mempunyai anak yg
asma pasti ada, karena riwayat asma keturunan.
2. Ciri2 asma kalau sedang kambuh, sesak napas / sulit bernapas, ada bunyi
ngik2 di setiap tarikan napas.
3. Kalau obat tradisional saya tidak tahu ya, dulu sebelum hamil / saat
saya masih kecil saya selalu sedia ventolin. Kalau ke RS saat asma sedang
kambuh sih biasanya saya di inhalasi.
Saya juga pernah dikasih tau kalau daging kelelawar & daging kodok ijo bisa
menyembuhkan asma. Tapi saya blm pernah coba sih..... Saya hanya rutin
olahraga yg pernah diajarkan di RS. Persahabatan dulu (seperti latihan
tarik pernapasan & renang)

Thanks,
Runi Aprastami

Kirim email ke