 From: Sylvia Radjawane <sylvia.radjaw...@gmail.com>
To: balita-anda@balita-anda.com
Sent: Monday, April 23, 2012 5:14 PM
Subject: Re: [balita-anda][Re-post Artikel] [HELP] feses bayi

hi mbak Angelina,

Baby boleh/bisa test lab feses?
Boleh/bisa kok mbak :)

Tapi issue-nya, apa memang sudah dianggap perlu banget atau nggak? :)
Otherwise, setiap kali kita melihat anak kita memasukkan tangan ke
mulutnya, atau jalan telanjang kaki, dll. jadi harus buru2 test lab
feses deh :), belum lagi mengingat fase oral seperti ini selalu
dialami anak2 kita waktu bayi.
Di artikel re-post itu juga sempat disebutkan kalau telur cacing
tertentu menyebar via udara, nempel di makanan/minuman dan bisa saja
masuk ke dalam tubuh.

Lain halnya kalau memang gejala2 nya sudah jelas, test lab feses bisa
dilakukan untuk menegakkan diagnosa (bukan hanya untuk cacingan, tapi
gangguan pencernaan lain yang mengharuskan test feses rutin/kultur
seperti ini)

Mungkin yang bisa dilakukan kita untuk si kecil saat dia masih bayi
dan 'hobby' memasukkan tangan ke mulut:
- Make sure kuku jari tangan/kaki selalu pendek, tidak panjang apalagi
kalau kotor atau hitam
- Sering2 cuci tangan.  Ini akan jadi 'habit' yang baik setelah dia
usia pre-school nanti.
- Kalau memungkinkan, minimalisir suapin baby kita di luar, apalagi
sambil jalan2.  Bukan saja menghindari risiko telur cacing tapi juga
kuman lainnya
- Kalau baby masih 'heboh' main dengan mainan2 yang washable, cuci
periodik mainan2 tadi.
- Tetap waspada dengan gejala2 anak cacingan, seperti yang sudah
dijelaskan di info2 kesehatan.

Mungkin kalau si kecil sudah banyak berinteraksi dengan lingkungan
luar, bahkan mungkin waktu usia sekolah (TK or SD), kalau diperlukan,
bisa jadwalkan test feses ke medical lab. kalau memang sekadar ingin
tahu info tentang 'kesehatan' feses nya :)
Krucils saya juga belum pernah sampai saat ini test feses, tampaknya
masih belum kelihatan gejala2 lainnya yang 'mendukung' dugaan cacingan
:)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi