"Yg penting,bundanya harus supeeer sabar dan terus kasih stimulasi ke anak..dan
bundanya jgn on/off. Harus konsisten ngajarinnya.. Jgn hari ini diajarin,bsk
pake diaper lagi.. Dianya jadi bingung.. *pernah ngalamin soale.."

Setuju sm mbak dina, harus konsisten. Kmrn toilet training saya awalnya gagal,
krn si mbak suka nyolong diaper (yg sngja sy simpen) utk dipakein abis mandi
pagi (sy WM). Akhirnya sy bnr2 ga beli diaper, dan saya hrs mau ber-repot-an
ria utk ngelap pipisnya yg terlanjur kluar/jatuh dilantai. Metode bw ke kmr
mandi stp bbrp menit jg ga berlaku utk saya, jd mending sy biarin aja anaknya
pipis, ntar kan dia jd bisa merasakan kpn mau pipis. Dan voilaaaa, mmg ga smp
seminggu untuk mendapatkan hasilnya :D, dan jgn lupa reward saat dia berhasil
pipis di toilet, terutama saat awal2 keberhasilannya. Cukup dengan pujian saja
:).
Semoga berhasil mom!