Mba,
Yg sariawannya bisa di skip aja, itu akan sembuh sendiri kalau asupan
vitamin dari buah2an dan sayurnya meningkat
Plus istirahat yg cukup. Cuman virus aja kok mba

Kalo batuk pileknya mengganggu waktu istirahat, obat batuk pilek
(sebenernya bukan obat ya, lebih ke medikasi penghilang gejala) dikasi
sebelum tidurnya aja.

Pilek biasa dapetnya decongestan buat legain pernafasan, ada antihistamin
juga buat redain peradangan, itu bekerja di saluran pernafasan atas, jadi
bisa dipakai untuk batuk pilek sekalian. Pakai seperlunya aja, kalo bener2
mengganggu istirahatnya.

Kalo batuknya berdahak, biasa dikasinya ekspektorant, itu buat ngencerin
dahak, jadi nanti efeknya batuk2 terus sampai dahaknya keluar, jadi gak
dianjurkan sebelum tidur. Lebih baik ditukar dengan banyak2 minum air anget
deh. Bisa sering2 dilakukan, gak takut over dosis. Kecuali kondisinya kayak
anak saya ya, reflek batuknya nyaris kagak ada, jadi kedang perlu
ekspektorant. Tapi semakin besar semakin pinter batuknya hehehehe

Sebelum pemberian obat, harus tau dulu ffungsinya masing2 apa jadi kita
bisa lebih rasional dan menakar kebutuhan anak kita seperti apa. Kalo yg
batuk pileknya cuman dikit2, gak mengganggu tidur dan makannya, anaknya
juga riang gembira, dipertimbangkan lagi aja kebutuhannya. Badan benernya
lebih cepet memulihkan diri tanpa diganggu zat2 kimiawi dari obat

Jadi menjawab pertanyaan mbak tadi, obat itu fungsinya sendiri2, kalo
berlawanan fungsinya setidaknya kasi jeda stgh jam antaranya. Bentuknya
harusnya sirop ya?

--
In 20 years, you will be more disappointed by what you didn't do, than by
what you did - Mark Twain

Kirim email ke