From: bunda khadijah [mailto:bunda.khadi...@gmail.com]
Sent: Tuesday, 17 July 2012 09:04
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] beras merah

Mau sharing aja..

Dari Pak Wied Harry, ahli gizi di milis gizi_bayi_bal...@yahoogroups.com,
katanya lebih baik beras dimasak baru dihaluskan, daripada tepung beras
dimasak.

Apa lagi kalau pisang, ubi, mendingan dari pisang dan ubi asli aja, gampang
dihaluskan, dan lebih fresh :-) Prinsipnya, semakin segar, semakin dekat
dengan "aslinya", semakin baik.. Setuju kaaaan :-)

Di bawah aku copy paste penjelasan dari Pak Wied yah..

Nah untuk Mbak Suji, masak beras merah memang lebih lama daripada beras
putih. Untuk mempercepat, bisa beras merahnya direndam dulu semalaman, baru
dimasak. Baru setelah itu dihaluskan. Rasanya memang ada sepetnya, tapi ngga
apa2 kok Mbak..

Berikut penjelasan Pak Wied :

===

emang beda ya klo dari beras utuh dibuat bubur dengan digiling dulu baru
dibuat bubur? apa yg menyebabkan beda ya pak wied?

Jawaban Pak Wied :
Beda. Ukuran molekul bahan makanan ketika dimasak mempengaruhi kemudahan
bahan makanan tersebut diserap oleh tubuh kita.
Bubur halus dari beras (beras dimasak hingga menjadi bubur, kemudian
dihaluskan)
lebih lambat menaikkan kadar gula darah dibanding bubur terbuat dari tepung.
Jika setiap kali makan, tubuh bayi kita mengalami lonjakan kadar gula darah,
maka pankreas harus terus aktif merespon dengan cara memproduksi insulin,
agar kadar gula darah yang naik bisa segera dinormalkan. Jika pankreas
terus-menerus bekerja keras, maka pankreas akan cepat aus. Kalau pankreas
sudah aus, maka kemampuannya menghasilkan insulin akan menurun, sehingga
gula darah berlebihan akan tetap saja berlebihan - dan ini menjadi pertanda
pradiabetes atau malah sudah diabetes. Saat ini, kasus anak-anak (bahkan
sekarang sudah banyak yang usia pra-TK) pengidap diabetes tipe-2 (diabetes
karena pola makan) sudah semakin banyak.
Saya sering disanggah dengan pernyataan "kan akhirnya sama-sama
dihaluskanjuga, kok bisa salah satu lebih cepat menaikkan kadar gula darah?"
Rupanya yang menyanggah pernyataan saya lupa (pernyataan ini saya kutip dari
hasil penelitian, tapi saya lupa sumbernya) bahwa merebus makanan dengan
potongan kecil-kecil akan lebih mudah melunakkan jaringan makanan tersebut
dibanding dengan makanan yang direbus utuh atau dalam potongan besar.
Bukankah ini mendandakan bahwa (cairan) panas ketika perebusan lebih mudah
menembus molekul makanan jika makanan tersebut berukuran kecil, apalagi yang
dihaluskan, daripada yang utuh/berukuran besar?

===

--
Meutia

http://carik-catatan.blogspot.com - lintasan pikiran menebar manfaat