From: semi.srirah...@yahoo.com
Date: Thu, 6 Sep 2012 09:19:35
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] Malas mewarna

Dear Mbak Enny,

Just sharing Ɣªª Mba, kita punya pengalaman menghadapi anak yang sama (tidak
tertarik dengan mewarnai). Saya dikarunia 2 anak, dengan karakter dan
ketertarikan Ɣªήĝ sangat berbeda. Si Sulung, skr sudah kelas 5, sangat tidak
tertarik dengan yang namanya mewarnai, kalo gambar masih suka coret-coret bikin
poster, tapi sebatas menggunakan spidol dan pulpen, bukan dgn crayon. Hal ini
sangat berlawanan dgn si adek, Ɣªήĝ baru TK B, tapi mewarnai sudah sangat rapi,
bergradasi pula.

Awalnya, saya sempat cemas Ĵΰğǡ, si Sulung, tidak tertarik mewarnai, pernah
konsultasi ke guru sekolahnya, ke guru BP Ɣªήĝ Ĵΰğǡ psikolog di sekolah, dan
baca2 berbagai sumber tentang perkembangan anak. Karena sampai sekarang kelas
5, setiap άϑά tugas pelajaran seni, kadang2 masih mewarnai dgn 1 warna saja.
Pernah Ĵΰğǡ saya ajak mewarnai bareng2, sempat sy tawarin utk belajar
menggambar sama guru, dia tetap tidak teratarik.

 Pernah suatu hari, berkunjung ke kelasnya, sy sempat berkecil hati, koq anakku
sangat ketinggalan dibanding teman2nya dibidang seni rupa.

Tapi, krn penjelasan gurunya Ɣªήĝ panjang lebar, bahwa setiap anak unik dan
alhamdulillah si sulung sangat menonjol di bidang akademik dan menduduki
peringkat atas dikelas, Ĵΰğǡ baca artikel2, akhirnya, saya sudah sampai pada
kesimpulan, kalau anakku, memang gak tertarik sama bidang itu. Dan saya sadar,
utk ӑƿӑ dipaksakan ke suatu hal Ɣªήĝ dia tidak ṁtertarik, kasihan anaknya. Toh
kita masih bisa gali potensi yang lain, selain menggambar.

Kalo, berbicara ttg pengaruh gak ke kreatifitasnya, saya jawab iya, terutama
Ɣªήĝ berkaitan dengan kreatifitas seninya, cenderung monoton. Kemudian, sy
kasih kegiatan lain Ɣªήĝ bisa mengasah kreatifitasnya, misalnya dgn les
robotic. Alhamdulillah, dia enjoy dgn kegiatan ini
Itu pengalaman saya pribadi. Maaf kalo tidak membantu.

Ibu Radit dan Randi.