  Array

  From: "Fitria Octarini" <[EMAIL PROTECTED]>
  Betull... pake uang benggol...., btw, menurut ortu kalo bodong biasanya
  karena pas nangis babynya suka histeris...

  mba Lystin,
  Gak usah takut mba ntar juga masuk sendiri, Afifah ku dari pertama puput
puser sampai umur 10 bln an juga bodong, aku dah bingung dan takut apakah
bakal bahaya????/// aduh kasian bgt anak perempuan lagi.......aku juga
bingung waktu tanya sama dsa nya bilang tunggu sampai umur 6 bulan
kemungkinan pasti masuk kok kalo gak masuk juga coba konsul ke dr bedah yang
pasti gak ada obat untuk masukinnya

  From: Wiwi Williyanti
  mba Lystin di usahakan jgn sering2 menangis........apalagi sampai batuk
mba pasti bodongnya keliatan tambah besar dan keras gitu pernah umur 8 bulan
bodongnya dah mendingan eh Afifah kena batuk...udah deh gede lagi .....pas 7
bulan dsa nya melihat blm ada kemajuan dalam arti masih bodong gitu trus
saya di kasih surat rujukan unutk ke dr bedah anak........sebelumnya saya
juga pernah tanya soalnya "bodongnya" afifah di milis ini apa perlu di bedah
kok kayanya kasian bgt anak sekecil itu pakai di bedah.......ternyata banyak
moms and dads sangat tidak menganjurkan untuk tidak di bedah ( inilah
untungnya ikutan milis balita ) banyak yg kasih masukan bahwa nantinya juga
bakal masuk sendiri..........sampai sekarang alhamdullillah Afifah ( 1 thn )
udah gak bodongan memang kalo di perhatiin ya gak sepenuhnya masuk tapi
minimal dah gak keluar dan aku gak pernah apa2in kok diamin aja...........yg
lucu waktu masih umur 1-2 bulan kata ortu dulu di tekan pakai uang yg di
bungkus kain kasa eh pas kontrol dsa nya ketawain dan bilang gini " eh bayi2
sekarang lucu2 bukannya taruh uang di bank tapi perut " ya malu seh tapi
gimana kita ikutin apa aja apa kata ortu dulu.....

  Pokoknya yakin aja pasti semuanya bakal baik2 aja.....dan gak perlu takut
banyak juga kok yg orang tua punya anak bodongan........

  salam

  mamahnya Afifah

  From: <[EMAIL PROTECTED]>
  Betul, mbak. Diberi unag logam yan gRp. 100-san di atas puser, dibersihkan
  setiap sehabis mandi, agar uangnya gak simpan bakteri.
  Dipasang diatas puser terus sampe kondisi puser kembali.

  Itu pengalaman tetangga saya waktu anaknya bodong.
  Gak salah, katanya sich, gurita tidak boleh segera dilepas pada bayi meski
  telah kering pusernya (baru lahir), untuk menghindari bodong ini.
  Karena kalau dokter khan menyarankan begitu tali puser lepas, gurita gak
  perlu lagi.

  semoga membantu

  salam,
  mama Bryan

  From: "Frieza Diane Gabriel" <[EMAIL PROTECTED]>
  Pada saat Icha dibawa ke dokter (masih umur 10 hari...pas puput puser),
nyokap kasih uang 100-an di bodongnya......alhasil sama DSAnya dilempar
huahahahhaha...kata DSAnya:"Bu, mau pake cara apapun kalau memang
keturunannya sudah bodong yah tetep bodong"...Terus...pas DSAnya liat gurita
yg dikenakan Icha, dilempar lagi.....katanya:"Ini apa2an, Bu....gurita itu
sdh tidak dipergunakan lagi.....yang ada lambung anak Ibu bisa sakit krn
kekencangan diikat..kasihan, Bu nanti minumnya sedikit".
  Akhirnya sampe rumah Icha tidak pernah pake gurita, tidak pernah pake uang
logam, dan Alhamdulillah....tidak bodongan serta perutnya tidak spt perut
kodok. hehehehehehehehehehe

  Frieza Diane Gabriel

  From: "Kumila Addina" <[EMAIL PROTECTED]>
  Mbak lystin..
  Kalau anak saya dulu, uang Rp 1000-an logam (karena uang seratus
/limaratus
  terlalu ringan) sebelumnya uang dicuci dgn alkohol setelah kering
dibungkus
  sama kain kasa..
  Baru diikat sama guritanya..

  Semoga membantu..

  Salam,
  Mama falhan

  From: "Nilam Sari, DHL Express - ID,JKT-CO" <[EMAIL PROTECTED]>
  He.....he.....benar juga ya mbak kalo dipikir2, dsa anak saya juga bilang
gitu katanya turunan gitu........tapi kalo kata ibu saya gini kan anak itu
ciptaan Tuhan berarti apapun yang ada di anak kita entah bodong atau tidak
kan memanga dari sana-Nya jadi kita harus bersyukur kalo kita sudah diberi
anak yang cakep2 meskipun bodong.......kalo dipikir2 benar juga ya misalnya
kita sudah berusaha agar tidak bodong ternyata masih juga gimana dong????
yang penting kan anak kita selalu sehat terus.

  From: "Evi Eryani" <[EMAIL PROTECTED]>
  Kalau saya sih ngikutin dokter, gurita dilepas setelah tali pusar lepas,
  dan kedua anak saya nggak ada yang bodong tuh..... Kata orangtua saya sih
  bodong itu ada faktor turunannya, anak kedua saya setelah lepas tali
  pusarnya sih memang kelihatan bodong tetapi lama-lama usia 2 bulan lebih
  (hampir usia 3 bulan) nggak lagi, sempat juga khawatir sih, tapi karena
  kami berdua (orangtuanya) nggak bodong ya tenang-tenang saja, bener
  ternyata nggak ada yang bodong. Nggak tahu ya apa memang turunan atau
  nggak. Yang penting merawatnya bener Bu, kalau kesulitan dan jauh dari
  orangtua, panggil saja bidan/dukun bayi terdekat untuk mandiin dan merawat
  tali pusar sampai lepas, mereka kan sudah pengalaman, kita juga enak nggak
  was-was, paling sehari bayar berapa puluh ribu dan paling lama 2/3 minggu.
  Tetangga saya soalnya begitu. dia cuman bayar 100 ribu selama seminggu.
  Semoga membantu.

  From: "mama raysha" <[EMAIL PROTECTED]>
  Hm...... inget dulu saya sewot2an sama mama mertua  :) gara2 dia keukeuh
Raysha digurita-in kuat2 sementara saya nggak tega lihat perut bayi merah
kok diiket2 begitu.

  Begitu Raysha umur 2 minggu saya balik ke rumah sendiri, jadi Raysha bisa
bernapas lega deh tanpa gurita.

  Bbrp waktu yg lalu sepupu saya nanya juga, apa anaknya yang baru lahir
harus dikasih uang logam dan  digurita-in biar perutnya bagus. Sambil
bercanda saya bilang aja nggak usah,  toh  Britney Spears perutnya bagus
padahal pasti waktu bayi dia nggak pake uang logam dan gurita, hahaha....

  From: "Arie Indra" <[EMAIL PROTECTED]>
  juga nambahin, iya tuh anak saya juga gak pernah pake gurita. Apalagi
  bedong...Pusarnya setelah puput cuma diplester pake kain kasa yang udah
  dibubuhin betadine. Yah karena ibu saya udah gak ada dan mertua juga
  bukan tipe orang yang memaksakan cara2 lama, jadi kami bisa lebih
  leluasa mau diapain aja tuh bayi. Kita ikutin saran dokter aja dan
  banyak bacaan. Hasilnya aimee juga emang gak bodong kok cuma centil
  dikit :P

  From: Yulia Nuryanti
  cuma mau nambahin, memang gurita dan koin/duit nggak ada hubungannya sama
puser bisa nggak bodong, dulu saya dikasih tau sama saudara yang babysitter,
nggak usah pake gitu2an, kalo memang bakat bodong ya bodong aja, kalo nggak
ya nggak pake gituan juga nggak bakalan bodong.  Gurita dipakai sekedar utk
nahan kapas/kasa beralkohol sebelum puput pusar, biar nggak kegesek2 sama
baju, itupun nggak diiket kencang, kasihan malah menghambat perkembangan
pencernaan dan pernapasan anak (saya pernah baca di ayahbunda).  Kalo pusar
sudah puput, ya gurita nggak perlu dipakai lagi.  Fauzan nggak pernah pakai
gurita lagi setelah puput pusar, dan Alhamdulillah pusernya nggak bodong
memang....
  Maaf kalo ada yang kurang berkenan

  Bunda Fauzan

----