Dear mbak Azizah,

Berdasarkan pengalaman saya, benjolan di belakang telinga itu jangan di
anggap remeh (maaf bukannya mo nakut-nakutin lho), hal ini terjadi pada anak
saya waktu itu usianya baru menginjak 1 th 8 bln, gejala pertamanya dia
diare, setelah saya periksakan ke RS advent Bdg (waktu itu saya sedang
berlibur ke mertua, saya sendiri di Pekanbaru), dan setelah melalui
pemeriksaan berat badan anak saya kurang dibanding dengan usianya, dan
setelah melalui pemeriksaan ( lupa saya nama suntikannya )yang pasti dari
hasil suntikan ini bisa diambil kesimpulan, ternyata anak saya pernah
terkontak dengan orang dewasa yang TBC, sehingga memperngaruhi
pencernaan-nya. Terhitung dari hari itu anak saya mengikuti terapi selama 6
Bln.

Dan menurut DSA apa yang dialami anak saya itu bisa juga kita lihat dari
tanda-tanda yang lain salah satunya benjolan di belakang telinga, ternyata
hal ini juga terjadi pada anak teman kerja saya, anaknya juga ada benjolan
di belakang telinganya dan harus mengikuti terapi 6 bln.

Alhamdulillah 6 bln itu sudah lewat, tapi... anak saya masih susah makan
juga.

Jadi saran saya sebaiknya mbak Azizah periksakan aja benjolan di telinga
anak mbak.

Thanks & Regards,
Cipluk Harto
Riau Andalan Pulp and Paper