Dear Mama Rio,

        Duh....memang kita jadi rada khawatir ya Bu, kalo di usia segitu
anak belum bisa
        bicara. Saya bisa ngerti banget nih perasaan Mamanya Rio,
soalnya anak pertama saya
        juga punya problem serupa. Untunglah dia dapat ditangani secara
cepat dan tepat
        sehingga masalahnya bisa segera diatasi. Untuk itu Ibu bisa
konsultasi ke Klinik Khusus
        Tumbuh Kembang (KKTK) yang ada di RSAB Harapan Kita Jl. S.
Parman Jakarta
        No. Telp. 566-8284 ext 2136. Tahap pertama akan diadakan
evaluasi untuk mengetahui
        apakah Rio tergolong anak yang terlambat bicara atau tidak,
karena perkembangan bicara
        seorang anak kan tidak sama ya, Bu. Teman saya malah anaknya
baru lancar ngomong umur
        4 tahun. Evaluasi akan dilakukan oleh tim dari berbagai disiplin
ilmu (dsa, psikolog
        dan dokter rehabilitasi medik). Nah dari hasil evaluasi
tersebut, nantinya tim
        akan memberikan rekomendasi untuk treatment terbaik bagi Rio,
entah itu berupa terapi
        wicara, terapi okupasi atau cukup latihan di rumah (tidak perlu
terapi sama sekali).
        Memang semua butuh waktu, tenaga dan juga pengorbanan materi ya,
Bu. Terus terang, saya
        juga sempat merasakan 'lelah yang berkepanjangan' menantikan
saat dimana Abel bisa
        bercerita dengan lancar dan mengekspresikan perasaannya lewat
kata-kata pada saya.
        Puji Tuhan, akhirnya saat itu tiba juga. Semoga berkenan ya Bu,
maaf kalo kepanjangan.

        Regards,
        Felicia Wibowo