walah, saya sampai membuka file jadwal imunisasi anak
saya kembali dan benar, di situ tertulis imunisasi
campak-1 adalah setelah 6 bulan atau lebih (bukan 5
bulan seperti ingatan semula saya, tapi juga bukan 9
bulan seperti informasi teman-teman), sedangkan
campak-2 setelah 5 tahun. Gimana ya, anak saya kan sdh
diimunisasi, apakah akan ada efek sampingannya? Terus
terang saya jadi khawatir.

Di paspor kesehatan anak saya juga tertulis jadwal
imunisasi MMR-1 setelah satu tahun. Saya pernah tanya
ke DSA tentang korelasi suatu imunisasi dengan autis,
dia jawab, "itu imunisasi MMR-1 jika dilakukan sebelum
2 tahun". Padahal di paspor tsb. jelas-jelas tertulis
jadwalnya setelah 1 tahun atau lebih!!!! (artinya
sudah dianjurkan untuk dilakukan stl 1 tahun, walaupun
kata dokter beresiko autis). Waktu saya tanyakan ke
dokter, dia jawab, "itu buku cetakan lama bu!,
alhamdulillah selama 20 tahun saya melakukan imunisasi
tidak ada keluhan autis!" Waks, cetakan lama kok masih
beredar? jangan-jangan jadwal campak juga salah?

Mohon saran dari teman2 di mana saya bisa dapat jadwal
imunisasi lain untuk perbandingan? Juga, ke mana saya
harus komplain jika ternyata informasi dr paspor
kesehatan itu salah?

Trims