From: Asih [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, March 03, 2004 4:03 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Usia Mulai Masuk TK

Sedikit berbagi pengalaman untuk Ibu Menik,

Sebagai informasi dasar, saya seorang ibu yang bekerja memiliki dua
orang
putra dimana jarak usia antara keduanya cukup jauh sekitar 7 tahun,
kedua
anak saya sehari-harinya diasuh oleh suster. Kebetulan kami tinggal
dilingkungan/daerah lama (bukan real estate) yg mana penduduk sekitar
adalah
keluarga yang sudah tidak memilki anak kecil dan antar tetangga jarang
bertemu(praktis anak saya tidak berteman dilikungan rumahnya)

Pada waktu memasukkan anak pertama disekolah TK (salah satu sekolah
swasta
unggulan di Jakarta Timur) mengharuskan usia minimum 3  tahun 10 bulan
dan
max 4 tahun 10 bulan saat tahun ajaran dimulai (per Juli). Pada saat itu
anak saya pas berusia 4tahun 10 bulan. Terbukti dengan kesiapan mental
anak
pada saat mengahadapi tes masuk, dalam menjalani hari2 pertama masuk
sekolah, lebih mandiri dan dia sangat mencintai dunia barunya. Yang
lebih
membuat saya kagum adalah putra saya dengan sangat beraninya mengajukan
diri
untuk menggunakan transportasi jemputan sekolah pada minggu 3 diawal
tahun
ajaran (baru masuk sekolah selama 2 minggu), ternyata dalam tempo yang
singkat sangat mudah bersosialisasi dengan lingkungan barunya.
Kemudahan2
ini berlanjut terus sampai anak saya memasuki sekolah menegah pertama
dan
selalu mudah diterima disekolah unggulan.

Lain halnya pada anak kedua, dimana pada saat saya daftarkan usianya
baru 3
tahun 6 bulan sehingga pada waktu akan menghadapi tes masuk sekolah dia
mengalami hambatan (memiliki rasa tidak percaya diri, marah pada
kegagalan
yang dihadapi dan agak sulit menghadapi orang2 baru) sehingga saya
memasukkan disekolah yang tidak mensyaratkan tes masuk (bukan disekolah
unggulan tentunya) itupun tidak langsung berjalan mulus, setelah 2 bulan
mengikuti dunia barunya putra saya baru dapat beradaptasi dengan
lingkungannya. Hal ini masih sedikit terbawa pada saat akan masuk
sekolah
dasar, saya coba mendaftarkan ke-sekolah2 ungulan setelah mengikuti 3
kali
tes disekolah yang berbeda baru saya mendapatkannya itupun dengan
perjuangan
yang berat. Sangat beruntung sekali, sekolah yang sekarang, (di salah
satu
SD unggulan didaerah Pulo Mas - Jakarta Timur) keberanian dan
kemandiriannya
diasah sehingga memiliki kedewasaan dalam menghadapi dunia barunya.
Sebagai informasi tambahan anak kedua saya memiliki IQ jauh lebih tinggi
dibanding kakaknya dan masuk katagori memilki kecerdasan tinggi. Tetapi
EQ
lebih rendah sedikit.

Jadi berdasarkan itu semua dapat dilihat bahwa idealnya usia anak mulai
memasuki dunia sekolah adalah sekitar 4,5 tahun untuk TK dan antara 6
s/d
6,5 tahun untuk SD. Tapi tentunya setiap anak memiliki kelebihan dan
kekurangan yang berbeda. Jika ibu masih ragu-ragu ada baiknya sebelum
memasukkan anak kesekolah kita bawa dahulu untuk mengikuti tes
kematangan di
salah satu lembaga / konsultan Psikologi, sehingga kita kana lebih tahu
sejauh mana kemampuan anak kita. (hal ini saya terapkan kepaad kedua
anak
saya pd waktu akan mendaftar dan pada saat sekarang sudah bersekolahpun
1
tahun sekali kita bawa untuk berkonsultasi).