Iya sih mba Tita, sebenernya engga ada hubungannya sama sekali, cuma ibu saya sering banget ngomong gitu, tapi dasar bayi 8 bulan mana ngerti teuteup aja ngemutin jempolnya ... saya sih seneng aja ngeliatinnya ... kayaknya damai banget ... ( engga kaya milis BA ini yang lagi kisruh ... ) dulu sempet mo saya kasih empengan tapi setelah nanya ama Moms di BA ini engga jadi saya kasih ... sekarang kalo udah ada tanda2 dia mo ngemutin jempol kakinya saya lepas pelan2 ... saya kasih mainan apa saja yang berwarna2 ... tengs ya mba Tita sharingnya ... ( sengaja nge-cut omongan selain Balita-Anda he he he ...)

Shally's Mom

-------Original Message-------

Date: March 24, 2004 02:24:49 PM
Subject: Re: [balita-anda] NGOMONG BALITA DONG !!!x?/7*%$

mba farida.....
kayaknya sampe sekarang belum ada penelitian yang mengatakan ada hubungan antara kemalasan anak dan kebiasaan ngemutin jempol kaki tuh.... :)
biar aja.... pada bayi kan ada beberapa fase antara lain ada fase oral. jadi pada fase oral semua benda dimasukkan ke mulut. ntar setelah lewat fase itu, pasti ilang sendiri kebiasaannya. hanya saja, perhatikan kebersihan jempol kakinya. jangan sampe mencret gara-gara jempol kaki yang kurang bersih.
Dan kalo bisa juga, alihkan pelan-pelan kebiasaan itu. Banyak sekali caranya.