Saya rasa drpd simpang siur, lebih baik mbak putri dapat lebih menjelaskan lagi, org yg membantu itu kerja utk perusahaan atau nggak.  Kalo emang utk persh, ya yang gaji persh dong, dan wajar kalo harus sesuai umr.  Tapi kalo liat dari keluhan mbak putri, yang saya tangkap sptnya ini sama halnya dgn prt kebanyakan, soal gaji ya tergantung kesepakatan bersama antara mbak dgn prt itu, dan bijaksananya memang gaji sesuai dengan beban kerja dan tanggung jawab dia....kalo di rumah itu misal banyak barang berharga, dia laki2 dan fungsinya merangkap satpam utk jaga rumah, bukan sekedar pembantu yg tidur di dalam rumah, gajinya bisa lebih besar lagi kan...tapi kalo sekedar bersih2 dan numpang tidur di dalam aja, gaji segitu sih wajar ya mbak....harga kebutuhan hidup antara jkt dan sby nggak jauh beda kan, malah bisa lebih murah di sana kali ya...cmiiw

-------Original Message-------

Date: Thursday, April 01, 2004 10:49:38 AM
Subject: Re: [balita-anda] GAJI UMR - sharingnya donk

Petugas Disnaker "audit" perusahaan ibu itu ada benar krn prt tsb walau
kerjanya ringan akan tetapi ia bekerja untuk perusahaan jadi wajar kalo
gajinya harus sesuai dg UMR yang berlaku disby. Di perusahaaku juga ada
tukang kebun yang tugasnya hanya merapikan taman di factoryku yach gajinya
setarap UMR Ps.Kemis-Tangerang sekitar 645rban.

Maaf jika kurang membantu.
Mama Andra