From: Anastasia Sri Endah W
Sent: Thursday, April 01, 2004 11:12 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] GAJI UMR - sharingnya donk

saya ikutan rembug nih,
mengenai UMR.setau saya UMR diberlakukan bagi karyawan/pekerja (setingkat office
boy/buruh)yang bekerja di suatu perusahaan atau instansi. perusahaan atau instansi
umumnya menerapkan peraturan sesuai kondisi perusahaan dan mengikuti ketentuan
Depnaker salah satunya mengenai upah minimum.Dengan kata lain perusahaan atau instansi
tersebut berkewajiban membayarkan upah kepada karyawannya sesuai dengan ketentuan UMR
yang berlaku dan ketentuan dari perusahaan/instansi tersebut. Nah apabila ibu
mempekerjakan karyawan secara pribadi tidak merekrutnya melalui kantor/perusahaan
dimana ibu bekerja, berarti ibu tidak wajib membayar upah pegawai (sebagai prt/asistan
pribadi/jaga rumah)mengikuti UMR.Besarnya upah asistan pribadi (=prt)umumnya
ditentukan dua belah pihak antara ibu dan prtnya.(lebih baik lagi ibu mengetahui upah
pasaran untuk prt, sehingga bisa memutuskan upah yg layak untuk calon
asisstannya.)maaf kalo tidak banyak membantu