Dear Pak Suprayogi,

Berikut terlampir article ttg membaca untuk bayi.
Pengalaman saya sendiri sejak sedini mungkin anak saya sudah saya
perkenalkan dengan buku, sejak dia usia 6 bulanan. Sekarang dia sudah 8
bulan, sudah sangat senang membolak balik buku kain dan sangat tertarik kalo
melihat buku/majalah, apalagi yang warnanya mencolok.

Regards,

-----------------------

ini ada cuplikan artikel bagus dari Kompas. Mohon dibaca sampai habis. Di
situ ada jawaban atas pertanyaan "sejak umur berapa bisa dibiasakan untuk
baca buku bergambar sebelum tidur???"

kalau ditanyakan buku apa yang bagus untuk bayi : rata-rata hampir semua
buku cerita anak (kecuali komik) bagus untuk bayi. Ini menuntut kejelian
kita sebagai orang tua untuk melihat isi buku tersebut apakah sesuai untuk
anak kita atau tidak. Tapi buku Time Life yang saya miliki telah dirancang
sedemikian rupa sehingga merupakan program yang lengkap, yang menyeimbangkan
kemampuan otak kanan dan kiri anak.

Semoga bermanfaat.

- KONSULTASI
Oleh Leila Ch. Budiman

KAPANKAH anak harus belajar membaca ? Apa yang dilakukan orangtua dari
anak-anak yang sangat cerdas ? Apakah tidak sebaiknya anak dibiarkan secara
alamiah saja ?

Dibiarkan atau dibimbing ? - De di Purwakarta

Ketika kami sedang kumpul-kumpul timbul perdebatan seru di antara
teman-teman saya, tentang kapan anak kami, lebih tepat bayi kami dapat
diajarkan membaca ? Saya pernah membaca sejak usia dini. Apakah itu dua atau
tiga tahun, Mbak Lei ? Apakah benar anak yang cepat membaca akan jadi jenius
? Ada pula teman yang bilang jangan sekali-kali anak dijejali segala macam
"pelajaran sekolah" sebelum masuk sekolah, nanti dia akan capek belajar dan
akan "cepat tua", serta tidak lucu lagi. Lagi pula kelak buku akan kalah
dengan TV. Informasi dari TV lebih kaya dan dinamis, jadi tidak usah
bersusah paya terlalu ngogtot mengajar anak membaca, katanya.

Teman lain juga ada yang setuju untuk "mendidik" anaknya secara "alamiah"
saja, tidak usah macam-macam. Yang penting sehat badannya. Namun saya masih
penasaran, saya ingin mengikuti metode baru yang menggunakan masa paling
efektif lima tahun pertama buat mendidik anak saya sebaik-baiknya.

Tetapi saya bingung, apakah tindakan saya tepat atau tidak.
Maklumlah Mbak Lei, saya baru punya anak satu, jadi masih merasa serba
salah. Namun bayi saya belum berminat pada buku. Dia hanya ingin memasukkan
buku tersebut ke mulutnya sjaa. Apakah normal jika ia hampir tidak pernah
menangis ?

De yang baik,
        Selamat punya momongan ya. Alangkah bahagianya punya mami seperti
Anda, sampai si buyung hampir tidak pernah menangis. Itu sih normal saja.
Buat apa menangis kalau merasa bahagia ?

Kapan dapat diajarkan membaca ?
        Sejak belum setahun pun boleh ! Tentu saja tidak seperti mengajarkan
pada anak SD, tetapi semula lebih menyerupai main baca-bacaan dulu. Seperti
Anda mengenalkan nama-nama benda, juga sang huruf diperkenalkan. Misalnya
bentuk huruf yang terbuat dari plastik yang bersih, yang tahan bantingan dan
tahan gigitan.
        Semula perkenalkanlah tiga huruf dulu. Jika ia sudah mengenalnya,
misalnya dengan bertanya mana huruf A dia bisa menunjuk huruf tersebut, atau
matanya melirik ke arah sana, maka dapat diperkenalkan tiga huruf lainnya.
Atau bisa juga mulai menuliskan namanya. Misalnya namanya Ari, rangkaikan
ketiga huruf itu : A R I. Kemudian satu per satu huruf ini dicopot dan
digabungkan lagi, dieja.
        Mula-mula cukup beberapa menit saja. Asalkan sering, akhirnya pasti
hafal juga. Tambah kreatif dan menarik caranya, tambah baik.
        Untuk membuat ia senang membaca dan memperkaya imajinasinya, sang
ayah atau ibu dapat bergantian membacakan cerita dari buku. Si upik bisa
ikut "membaca" alias melihat gambar-gambarnya dan mengenali beberapa huruf
di dalamnya. Tujuannya adalah untuk membangkitkan minatnya pada buku dulu.

Apakah ia akan jadi jenius jika cepat membaca ?
Bisa jadi. Beberapa jenius sudah mulai membaca ketika berumur 2-3 tahun.
Ada yang sudah membaca hampir setiap kata dari Encyclopedia Britanica ketika
berumur lima tahun. Sebaliknya anak yang terbelakang, hanya bisa menghafal
huruf namun tidak dapat menghubung-hubungkan huruf menjadi satu kata,
apalagi kalimat. Kelebihan membaca dari menonton TV adalah : dalam membaca
anak dirangsang secara aktif menciptakan berbagai bayangan dan ide dari apa
yang dibacanya. Sedangkan dalam menonton TV dia Cuma pasif menerima apa yang
diberikan padanya. Bahkan lebih menyedihkan lagi, ia tidak sempat berpikir
lagi, sebab informasi datang susul menyusul. Ia harus dibatasi melihat TV
dan acaranya perlu dipilih.

Dibiarkan saja bisa cerdas pula ?
Tidak. Seorang anak yang Cuma diberikan makan dan minum secukupnya yang
hanya dirawat fisiknya saja, tanpa diajak omong, tanpa dipeluk dan diadakan
kontak yang ramah dengan dia, tentu sukar berkembang mentalnya. Untuk
mengembangkan kecerdasannya ia perlu dirangsang dan dibimbing.
        Di Inggris, pernah seorang ibu dibawa ke pengadilan sebab telah
menyia-nyiakan perkembangan mental kedua anaknya. Ibu ini hanya memberikan
makan, minum serta merawat fisik anak, tanpa pernah bercakap dan bermain
bersama mereka. Kedua anaknya dikurang di sebuah kamar, meskipun ada
mainannya. Ternyata setelah berumur satu tahun anak bungsunya belum dapat
duduk tegak. Keduanya tidak bisa bercakap-cakap, meskipun si kakak sudah
berumur tiga tahun. Mereka hanya bisa memperdengarkan suara-suara seperti
hewan, menggeram dan mendengus-dengus.

        Setelah dilatih secara intensifpun, mereka tetap tidak dapat
berkembang seperti anak lain, tetap bodoh. Berbeda sekali dengan anak-anak
yang mendapat kesempatan mengembangkan kecerdasannya dengan baik. Mereka
justru menjadi semakin bersemangat belajar, tambah optimis sikapnya dan
selalu bergairah mencoba dan mencoba lagi. Tampangnya bukan semakin kecut,
kusut dan tua, tapi justru tambah menyenangkan dan percaya diri.
        Dari penemuan para ahli, orangtua yang memiliki anak-anak yang super
cerdas itu antara lain berkata.
1.      Saya senantiasa menjawa semua pertanyaan anak saya dengan sesabar
dan sejujur mungkin.
2.      Saya siap bersikap toleran menghadapi kamar yang berantakan, jika ia
belum menyelesaikan pekerjaannya.
3.      Saya memberikan ia ruang atau sebagian dari ruang spesial buat dia.
4.      Saya mencintai dia bukan untuk keberhasilannya, tetapi karena dia
adalah dia.
5.      Saya memberikan dia tanggung jawab yang bisa dikerjakannya.
6.      Saya menolong dia, agar ia dapat mengambil keputusan dan rencananya
sendiri.
7.      Saya bawa dia ke tempat-tempat yang menarik.
8.      Saya ajarkan dia bagaimana caranya memperbaiki hal yang tidak dapat
dikerjakannya.
9.      Saya bacakan secara teratur buku atau majalah.
10.     Sejak dini saya latih dia membaca.
11.     Saya tidak pernah membandingkan dia secara buruk dengan anak lain.
12.     Saya berikan kesempatan dia ikut menentukan acara liburan.
13.     Saya tidak pernah mempermalukan atau meledek dia untuk kesalahannya.
14.     Saya biarkan ia bermain dengan berbagai tipe orang, tanpa memandang
tingkat ekonomi dan latar belakang rasnya.

Masih banyak lagi. Namun dari yang ada saja, dapatkah Anda penuhi semuanya ?
***