  From: Luluk Lely S. I. Dh. [mailto:[EMAIL PROTECTED]
  Sent: Monday, April 19, 2004 11:49 PM
  To: [EMAIL PROTECTED]
  Cc: Sehat
  Subject: [balita-anda] (INFO) Sharing pengalaman Alyssa

  Semoga catatan harian berikut menjadi pelajaran. Maaf kepanjangan. Buat yg
tdk berkenan, please delete it.
  Saya juga attach artikel2 yg sangat membantu & bermanfaat sekali selama 7
hari terakhir ini.
  Untuk milis SEHAT, gak bisa attach file lagi ya pak moderator?! kalo gitu
saya upload aja deh ke milis nanti.
  Atau buat siapapun yg gak bisa buka fielnya, silahkan browse ke
www.aap.org coba search ke "vomit" dan "Diarrhea"

  Lulu

=====

  Senin, 12 April 2003

  05.00 pm -- telp ke rumah. Dapat kabar alyssa barusan muntah. Something
was wrong. Pagi s.d sore ini dia baik2 aja & gak ada demam. Keracunankah ?
Aku harus pulang kantor tenggo.
  06.00 pm -- sampe di rumah. Dapat kabar alyssa sudah ke 5x muntah. Berarti
kurang dari satu jam sudah 5x. Aku panik, tapi gak boleh panik!
Astaghfirullah...ada apa dg alyssa-ku ?! Sedih, bingung. Aku harus cari &
baca file2 dari seminar dr. Wati.  "Muntah = reaksi normal tubuh
mengeluarkan sesuatu yg gak beres (racun, kuman, dsb).  Harus perbanyak
intake cairan, jaga jangan sampai dehidrasi". Need more support, aku telp
mbak ella, arie & puri. Next step, telp DSA-nya alyssa.  Aku disuruh kasih
primperan (obat anti muntah).  Aku gak mau. This is irrational. Aku harus
tenang, harus tenang ! SMS dr Wati...need more support. Diagnosa dr wati :
food poisoning spt dugaanku. Kalau memang alyssa harus muntah, then be it !
  11.00 pm -- aku udah gak bisa hitung muntahnya. Dari 15 menit sekali jadi
7 menit sekali. Alyssa mulai lemas. Meski dia tidur bisa tiba2 muntah tanpa
tanda2. Mungkin 27 atau 30 x muntah dari jam 5 tadi.  Dia harus banyak minum
ASI, air & pocari sweat spy gak dehidrasi. Takut dehidrasi.  Aku mau bawa
dia ke RS. Tapi perlukah?! emergency kah ?! Aku perlu info lebih soal tanda2
dehidrasi. Browsing sebentar ke American Academy of Pediatrics (AAP). Dapat
artikel bagus ttg muntah & tanda2 dehidrasi. Sedikit tenang. Menurut artikel
yg aku baca, alyssa baru saja BAK berarti belum menunjukkan tanda2 dehidrasi
yg berarti. Dari semua artikel ttg muntah yg aku baca, justru penggunaan
obat anti muntah DILARANG. No medicine need ! Aku tenang, so far tindakanku
ke alyssa benar. I have to keep my brain works rational !

  Selasa 13 April 2004

  06.00 am -- Begadang semalaman. Stok baju alyssa habis kena muntah.
Alyssa "istirahat" dari muntah hanya 2 jam (12-2 pagi).
  Udah gak tau berapa kali alyssa muntah. Gak bisa hitung. Aku gak mungkin
pergi ke kantor. This is my first weeks in my new job, new office. Tapi aku
gak bisa ninggalin alyssa lemas spt ini. Gak mungkin ! Aku jadi keinget
topik yg dibahas di milis BA mg ini.
  08.00 am -- tiba-tiba alyssa spt pingsan & so sleepy. Aku mulai panik.
Mengantukkah dia atau memang mulai gak sadar ?! Mulai berpikir lagi untuk
bawa ke RS.  SMS dr wati. Beliau bilang kalau dia pingsan ya gak akan
mungkin mau disuruh minum. Juga dia menghemat energi dg cara tidur itu
sebabnya mengantuk.
  09.00 am -- Alyssa BAB dan encer banget & banyak banget. Tanda2 diarekah
?! Kalo ya berarti lebih perbanyak intake cairan. Sedikit tapi sering. Masih
muntah tapi mulai geser sejam sekali.
  11.00 am -- Alyssa gak mau makan. Kalo dikasih makan pasti dia bilang "Ica
mau muntah, ma".  Perbanyak ASI, jus buah, pocari sweat.
  02.00 pm -- Masih muntah. Dan barusan BAB lagi. Need more info ttg diare.
Cari artikel2 seminar dr Wati. Coba browsing kalo bisa.
  08.00 pm--Alyssa baru tidur. Aku hrs istirahat juga. Badanku terasa baal
(mati rasa), remuk, lelah & super ngantuk. Tapi harus browsing sebentar
untuk cari info detail soal diare. Sekrg aku jauh lebih lega setelah baca
artikel bagus dari AAP lagi. Kalau alyssa udah sembuh & aku bisa connect
lagi ke milis, aku harus sharing artikel ini ke teman2 di milis.
  10.00 pm -- setelah 6 jam alyssa gak muntah, dia muntah lagi. Tapi
frekuensinya menurun dibandingkan kemarin sore s.d. semalam.

  Rabu, 14 April 2004

  08.00 am -- alyssa keliatan membaik. Mulai mau makan sedikit (3 suap bubur
dg sedikit sop). Aku harus ke kantor hari ini. Mungkin nanti siang, setengah
hari. Suami gantian jaga alyssa. Ibu mertuaku & asistenku tiba2 muntah2 juga
hari ini. Tapi cuma 2x. Entah makanan apa yg bisa menyebabkan alyssa &
keluargaku muntah2 kecuali aku & suami.
  03.00 pm -- dari kantor aku telp ke rumah tiap 1 jam.  Papanya Alyssa
bilang kalau hari ini alyssa gak muntah. Alhamdulillah...leganya.
  10.00 pm -- alyssa muntah lagi pas lagi tidur. Sebelumnya SMS dr Wati,
kemungkinan dia bukan hanya food poisoning tapi juga karena virus. No
medicine need. Aku bolak- balik baca artikel2 yg udah aku download dari AAP.
Aku harus tahu & yakin apakah tindakanku sejauh ini benar atau gak. Gak
kasih obat. Gak dibawa ke RS.

  Kamis, 15 April 2004

  06.00 am -- Alyssa baru saja BAB spt 2 hr kemarin : banyak sekali & cair
banget.
  08.00 am -- Kenapa alyssa-ku keliatan lebih lemas & mengantuk lagi ya ?!
minum pocari sweatnya mulai banyak. Susu juga. Alyssa juga jadi rewel
sekali. Dia selalu bilang "ma, ica bobo aja".  Hari ini rasanya beraaaat
sekali utk ke ktr. Tapi harus ke ktr karena ada meeting penting. Suami harus
stay di rumah lagi utk jaga alyssa.
  12.00 pm -- Telp ke rumah.  Suami bilang Alyssa mulai mau main.
Alhamdulillah .... good sign !
  09.00 pm -- Alyssa terlihat tidur pulas. Akhirnya aku mulai bisa sedikit
pulas.

  Jumat, 16 April 2004

  Hari ini alyssa jauh membaik. Mulai main. Mau makan bubur dg ikan kembung
favoritnya. Masih jauh dari porsi normalnya. Jadi teringat, kalo hari biasa
alyssa tuh sangat rakus. Makan & ngemil terus sampe perutnya kekenyangan,
gak mau distop makan.
  Alyssa memang terlihat kuruuus sekali. Padahal sebelum sakit BB-nya
termasuk langsing (8,9 kg) utk anak seumur alyssa (20 bulan).  Aku timbang
ternyata beratnya tinggal 8,2 kg. Oya sore tadi alyssa sempat muntah lagi
sekali. Dan BAB 2 kali.

  Sabtu-Minggu, 17-18 April 2004

  Aku mau periksa urin rutin & feses rutin alyssa. Just in case. Karena
BABnya masih sangat banyak & cair. BAKnya juga ekstra banyak. Bisa 30 menit
sekali dia BAK. Bisa juga karena minumnya juga ekstra banyak. Well.....gak
ada salahnya diperiksa di lab.
  Hasil lab...mmm...alhamdulillah gak ada yg serius. Tinggal tunggu hasil
kultur urin & feses untuk kepastian.

  Senin, 19 April 2004

  Hari ini BABnya Alyssa masih spt kemarin2. But no need to worry, i guess.
Alyssa mulai rakus lagi. Dia minum susu ekstra banyak (padahal biasanya 100
cc sehari juga susah banget abisnya).  Yg lebih menggembirakan, dia mulai
lari kesana kemari spt sediakala. Alhamdulillah ya Allah.

Kirim email ke