  From: Luluk Lely S. I. Dh.
  To: [EMAIL PROTECTED]
  Cc: Sehat
  Sent: Monday, April 19, 2004 11:49 PM
  Subject: [balita-anda] (INFO) Sharing pengalaman Alyssa

  Semoga catatan harian berikut menjadi pelajaran. Maaf kepanjangan. Buat yg tdk
berkenan, please delete it.
  Saya juga attach artikel2 yg sangat membantu & bermanfaat sekali selama 7 hari
terakhir ini.
  Untuk milis SEHAT, gak bisa attach file lagi ya pak moderator?! kalo gitu saya
upload aja deh ke milis nanti.
  Atau buat siapapun yg gak bisa buka fielnya, silahkan browse ke www.aap.org coba
search ke "vomit" dan "Diarrhea"

  Lulu
  =================================================================================

  Senin, 12 April 2003

  05.00 pm -- telp ke rumah. Dapat kabar alyssa barusan muntah. Something was wrong.
Pagi s.d sore ini dia baik2 aja & gak ada demam. Keracunankah ? Aku harus pulang
kantor tenggo.
  06.00 pm -- sampe di rumah. Dapat kabar alyssa sudah ke 5x muntah. Berarti kurang
dari satu jam sudah 5x. Aku panik, tapi gak boleh panik! Astaghfirullah...ada apa dg
alyssa-ku ?! Sedih, bingung. Aku harus cari & baca file2 dari seminar dr. Wati.
"Muntah = reaksi normal tubuh mengeluarkan sesuatu yg gak beres (racun, kuman, dsb).
Harus perbanyak intake cairan, jaga jangan sampai dehidrasi". Need more support, aku
telp mbak ella, arie & puri. Next step, telp DSA-nya alyssa.  Aku disuruh kasih
primperan (obat anti muntah).  Aku gak mau. This is irrational. Aku harus tenang,
harus tenang ! SMS dr Wati...need more support. Diagnosa dr wati : food poisoning spt
dugaanku. Kalau memang alyssa harus muntah, then be it !
  11.00 pm -- aku udah gak bisa hitung muntahnya. Dari 15 menit sekali jadi 7 menit
sekali. Alyssa mulai lemas. Meski dia tidur bisa tiba2 muntah tanpa tanda2. Mungkin 27
atau 30 x muntah dari jam 5 tadi.  Dia harus banyak minum ASI, air & pocari sweat spy
gak dehidrasi. Takut dehidrasi.  Aku mau bawa dia ke RS. Tapi perlukah?! emergency kah
?! Aku perlu info lebih soal tanda2 dehidrasi. Browsing sebentar ke American Academy
of Pediatrics (AAP). Dapat artikel bagus ttg muntah & tanda2 dehidrasi. Sedikit
tenang. Menurut artikel yg aku baca, alyssa baru saja BAK berarti belum menunjukkan
tanda2 dehidrasi yg berarti. Dari semua artikel ttg muntah yg aku baca, justru
penggunaan obat anti muntah DILARANG. No medicine need ! Aku tenang, so far tindakanku
ke alyssa benar. I have to keep my brain works rational !

  Selasa 13 April 2004

  06.00 am -- Begadang semalaman. Stok baju alyssa habis kena muntah.  Alyssa
"istirahat" dari muntah hanya 2 jam (12-2 pagi).
  Udah gak tau berapa kali alyssa muntah. Gak bisa hitung. Aku gak mungkin pergi ke
kantor. This is my first weeks in my new job, new office. Tapi aku gak bisa ninggalin
alyssa lemas spt ini. Gak mungkin ! Aku jadi keinget topik yg dibahas di milis BA mg
ini.
  08.00 am -- tiba-tiba alyssa spt pingsan & so sleepy. Aku mulai panik. Mengantukkah
dia atau memang mulai gak sadar ?! Mulai berpikir lagi untuk bawa ke RS.  SMS dr wati.
Beliau bilang kalau dia pingsan ya gak akan mungkin mau disuruh minum. Juga dia
menghemat energi dg cara tidur itu sebabnya mengantuk.
  09.00 am -- Alyssa BAB dan encer banget & banyak banget. Tanda2 diarekah ?! Kalo ya
berarti lebih perbanyak intake cairan. Sedikit tapi sering. Masih muntah tapi mulai
geser sejam sekali.
  11.00 am -- Alyssa gak mau makan. Kalo dikasih makan pasti dia bilang "Ica mau
muntah, ma".  Perbanyak ASI, jus buah, pocari sweat.
  02.00 pm -- Masih muntah. Dan barusan BAB lagi. Need more info ttg diare. Cari
artikel2 seminar dr Wati. Coba browsing kalo bisa.
  08.00 pm--Alyssa baru tidur. Aku hrs istirahat juga. Badanku terasa baal (mati
rasa), remuk, lelah & super ngantuk. Tapi harus browsing sebentar untuk cari info
detail soal diare. Sekrg aku jauh lebih lega setelah baca artikel bagus dari AAP lagi.
Kalau alyssa udah sembuh & aku bisa connect lagi ke milis, aku harus sharing artikel
ini ke teman2 di milis.
  10.00 pm -- setelah 6 jam alyssa gak muntah, dia muntah lagi. Tapi frekuensinya
menurun dibandingkan kemarin sore s.d. semalam.

  Rabu, 14 April 2004

  08.00 am -- alyssa keliatan membaik. Mulai mau makan sedikit (3 suap bubur dg
sedikit sop). Aku harus ke kantor hari ini. Mungkin nanti siang, setengah hari. Suami
gantian jaga alyssa. Ibu mertuaku & asistenku tiba2 muntah2 juga hari ini. Tapi cuma
2x. Entah makanan apa yg bisa menyebabkan alyssa & keluargaku muntah2 kecuali aku &
suami.
  03.00 pm -- dari kantor aku telp ke rumah tiap 1 jam.  Papanya Alyssa bilang kalau
hari ini alyssa gak muntah. Alhamdulillah...leganya.
  10.00 pm -- alyssa muntah lagi pas lagi tidur. Sebelumnya SMS dr Wati, kemungkinan
dia bukan hanya food poisoning tapi juga karena virus. No medicine need. Aku bolak-
balik baca artikel2 yg udah aku download dari AAP. Aku harus tahu & yakin apakah
tindakanku sejauh ini benar atau gak. Gak kasih obat. Gak dibawa ke RS.

  Kamis, 15 April 2004

  06.00 am -- Alyssa baru saja BAB spt 2 hr kemarin : banyak sekali & cair banget.
  08.00 am -- Kenapa alyssa-ku keliatan lebih lemas & mengantuk lagi ya ?! minum
pocari sweatnya mulai banyak. Susu juga. Alyssa juga jadi rewel sekali. Dia selalu
bilang "ma, ica bobo aja".  Hari ini rasanya beraaaat sekali utk ke ktr. Tapi harus ke
ktr karena ada meeting penting. Suami harus stay di rumah lagi utk jaga alyssa.
  12.00 pm -- Telp ke rumah.  Suami bilang Alyssa mulai mau main. Alhamdulillah ....
good sign !
  09.00 pm -- Alyssa terlihat tidur pulas. Akhirnya aku mulai bisa sedikit pulas.

  Jumat, 16 April 2004

  Hari ini alyssa jauh membaik. Mulai main. Mau makan bubur dg ikan kembung
favoritnya. Masih jauh dari porsi normalnya. Jadi teringat, kalo hari biasa alyssa tuh
sangat rakus. Makan & ngemil terus sampe perutnya kekenyangan, gak mau distop makan.
  Alyssa memang terlihat kuruuus sekali. Padahal sebelum sakit BB-nya termasuk
langsing (8,9 kg) utk anak seumur alyssa (20 bulan).  Aku timbang ternyata beratnya
tinggal 8,2 kg. Oya sore tadi alyssa sempat muntah lagi sekali. Dan BAB 2 kali.

  Sabtu-Minggu, 17-18 April 2004

  Aku mau periksa urin rutin & feses rutin alyssa. Just in case. Karena BABnya masih
sangat banyak & cair. BAKnya juga ekstra banyak. Bisa 30 menit sekali dia BAK. Bisa
juga karena minumnya juga ekstra banyak. Well.....gak ada salahnya diperiksa di lab.
  Hasil lab...mmm...alhamdulillah gak ada yg serius. Tinggal tunggu hasil kultur urin
& feses untuk kepastian.

  Senin, 19 April 2004

  Hari ini BABnya Alyssa masih spt kemarin2. But no need to worry, i guess. Alyssa
mulai rakus lagi. Dia minum susu ekstra banyak (padahal biasanya 100 cc sehari juga
susah banget abisnya).  Yg lebih menggembirakan, dia mulai lari kesana kemari spt
sediakala. Alhamdulillah ya Allah.