Ikutan sharing pengalaman nih ...
Audi anak saya yang sulung dulu juga suka gigit saat menyusu. Saya punya tips untuk menghentikannya, tekan bibir bawahnya, otomatis mulutnya akan terbuka. Setelah itu alihkan perhatiannya ke hal-hal lain (diajak main, atau ngobrol, mainan gigit-gigitan paling efektif mengalihkan perhatiannya, tapi harus dijaga kebersihannya). Untuk puting yang terluka, ada obat, merknya (bukan promosi lho ...) Kamilosan, berupa salep, yang aman bila tertelan oleh bayi (tapi puting tetap harus dibersihkan dulu sebelum menyusui ya ..). Sebenernya ada obat lain yang lebih manjur, yaitu salep mata (yang biasa dipake untuk sakit mata), tapi salep ini tidak boleh tertelan bayi. Temen saya juga ngasih tips tambahan, payudara dikompress pake daun sirih. Daun sirihnya dipanaskan (bisa dengan disetrika aja), setelah itu dikompresskan, Insya Allah efek antiseptik yang ada di daun sirih tsb akan membantu penyembuhannya. O ya kalo lecetnya udah nggak ketahan, sementara pake dulu selubung nipple (aduh ..saya lupa namanya, udah lama nggak menyusui euy ..), banyak dijual di toko keperluan bayi. Kalau sudah infeksi, stop menyusui langsung, ASInya diperas aja, berikan pada bayi pake botol.
Segitu dulu, mudah-mudahan cukup membantu