Mbak Raras,
Dulu waktu hamil anakku (Gandhi, sekarang 9 bln), aku
juga mengalami plasenta previa (ari-ari nutupin jalan
lahir). Obgynku bilang sebab-sebabnya tidak pasti yang
jelas waktu pembuahan calon janin akan cari tempat
yang paling subur di rahim. Mungkin (ini juga mungkin)
karena rahimku pernah "di bersihkan' karena keguguran
(setahun sebelumnya), tempat yang subur kebetulan di
bawah.

Dalam perkembangannya bayiku pernah sungsang, trus ke
posisi normal tapi ini tidak ada hubungannya dengan
posisi ari-ari. Jadinya mau melintang mau membujur
kalau ari-arinya masih nutupin jalan lahir ya..kudu
operasi. Karena kalau tidak, kata obgynku lagi,
ari-ari bisa keluar duluan sebelum bayi kita. Dan
kalau ini terjadi, pendarahan hebat tak terelakkan...

Herannya, karena sudah dikasih tau gak ada jalan lain
kecuali operasi, saya malah tenang-tenang aja kerja
sampai seminggu menjelang melahirkan. Makan juga gak
disayang-sayang karena takut ukuran bayi besar
sehingga sulit kalau lahir (mau operasi ini..:P).
Walhasil, operasi beneran!!

Intinya: plasenta previa bisa jadi sebab dan
kondisinya beda karena itu lebih baik konsultasi dulu
kalau mau lakukan tindakan pencegahan...

Maaf kalau tidak membantu...

Ibunya Gandhi