Dear umminya nabil,

Masih belum ada kata terlambat kok. Mbak bisa relaktasi lagi untuk
memberikan ASI ke nabil. Memang ada tekniknya khusus. Saranku coba ke
klinik laktasi aja. Btw, ibu bekerja sebetulnya SANGAT bisa memberikan ASI
eksklusif kok. Di milis ini saya yakin ada beberapa ibu yg memberikan ASI
eksklusif padahal tetap kerja full time. Diantaranya ada Mbak Arie Indra.
Mungkin nanti beliau bisa sharing. Saya juga bekerja full time & bisa
memberikan ASI eksklusif utk 6 bl pertama Alyssa. Sekarang masih
memberikan ASI meski umur dia udah 21 bulan.
Mungkin bisa dicoba di adiknya Nabil ya.

Untuk gak kasih makanan tambahan, sebaiknya tetap jangan dulu. Even buat
anal yg diberikan formula, acara makan makanan tambahan sebaiknya ditunda
hingga 6 bulan. Saya pernah baca riset yg dilakukan oleh America Academy
of Pediatrics ttg pemberian makan pada anak dibawah umur 6 bulan. Ternyata
pemberian makan pada anak di bawah umur 6 bulan mempertinggi resiko alergi
& gangguan pencernaan pada anak. Nanti kalau ketemu saya forward ke milis
ini.

Oya satu lagi, ikutan Klub Peduli ASI aja yuk (Breastfeeding Support Group
atau BFG). Rencananya Juni ini kita akan launching. Detailnya nanti akan
dikirim by e-mail. Ini juga berlaku utk mereka yg sudah pernah daftar ke
saya utk jadi member BFG. Maaf ya beritanya udah lama menghilang.

Semoga membantu.

Lulu