Hi mbak Lulu,

Saya cuma mau share pengalaman teman saya.
Waktu pemeriksaan USG, ternyata BB bayinya rendah tetapi memang disebabkan kondisi
plasenta si ibu yang 'kurang baik' (saya tdk tahu istilah medisnya), sehingga supply
makanan ke janin jadi agak terhambat.  Jadi waktu itu 'target'nya bukan lagi untuk
'mengejar' BB ideal bayi baru lahir (sekitar 2,5 kg or more), tapi agar si bayi tidak
terpaksa lahir prematur (kurang bulan).

Akhirnya, bayinya memang lahir saat usia kandungan 39 minggu dengan BB 2,0 kg. Cuma
karena bukan bayi prematur, semua organ tubuhnya sudah 'mature', dia dapat segera
mengatasi masalah kurang berat badannya dengan cepat dan tumbuh serta berkembang
normal.

Jika memang tidak ada indikasi seperti itu, maka seperti saran moms lainnya, be  a
'best friend' with susu, ice cream, coklat dan makanan bergizi (lemak) tinggi lainnya.

Just stay positive and all will be well...
come on, mom... several weeks to go.!!.. :0)

best wishes untuk persalinannya nanti,
Sylvia - Jovan's mum