Dear Mamanya Abel,

Berarti Abel pinter banget ya, lebih milih ASI daripada susu formula.
Karena rasa dari ASI jauh berbeda dg formula. Triknya gini aja mbak.
Pertama, tetap diberikan ASI tetapi dg ASI perah/pompa.  Artinya mbak
lucia harus rajin memompa/memerah ASI saat bekerja di kantor. Soal
penyimpanannya, saya yakin mbak sudah baca e-mail 2 hari terakhir ini yg
membahas soal menyimpan ASi dalam cooler box dsb. Kedua, diberikannya dg
sendok. Awalnya mungkin dia gak mau tapi toh kalau dia haus atau lapar
akan mau. Butuh kesabaran memang. Kan Abel sedang belajar bagaimana
caranya minum dg sendok. Minum susu dari DOT toh bukan keharusan buat
seorang anak. Banyak anak yg gak pernah kenal dot. Atau gak suka dot.
Seperti Alyssa, sejak kecil sampe sekrg dia paling gak mau minum apapun
dari dot (meski koleksi merek dotnya komplit). Pada akhirnya saya harus
bersenang hati bahwa alyssa tidak addicted dg dot. Dia bisa independen
minum dari gelas sejak berumur 9 bulan.

Last but not least, ASI tetap yg terbaik untuk anak hingga umur 2 tahun.
Jadi kalau banyak ibu yg gak bisa menyusui for one or many reasons, kenapa
kita yg masih memproduksi ASI harus berhenti menyusui. Sayang kan ?!

Good luck. Semoga membantu.

Mamanya Alyssa

"You can save your baby, your self & the world by giving the breastmilk !"