Mbak Pipiet,

di dunia ini sudah banyak kok beredar dokter yang melupakan etika kedokteran-nya
hanya demi uang. Kalau caesar kan enak di dokternya mbak...jadwal bisa diatur
dan yang pasti bayaran mereka lebih mahal daripada menangani persalinan normal.
Makanya saya suka sarankan ke temen kalau udah di vonis caesar ama dsog-nya cari
2nd - 3rd opinion dari dsog yang lain lah..kalau udah 2nd-3rd semua ngomong yang
sama ya berarti emang betul harus caesar. Karena pada kenyataan-nya banyak kasus
yang sebetulnya masih bisa ditangani secara kelahiran normal kok. Tapi kadang
ada juga kasus dimana pasien yang minta caesar padahal semuanya normal dan
baik-baik aja. Pasien minta caesar dengan alasan-alasan tertentu kalau udah gitu
tinggal dsog-nya aja gimana. Kalau nurutin etika sebetulnya kan nggak boleh tapi
kalau nurutin uang ya hayuk aja......itu mah udah bukan barang baru mbak...untuk
itu perlu kita bener-bener selektif dalam nyari dokter.

Puji Tuhan dsog saya dulu nggak matre dan bener-bener pegang etika dia sebagai
seorang dokter. Anak saya kebelit tali pusat dari dalam kandungan tapi setelah
di usg bisa dipastikan dia masih bisa lahir normal karena kelilitnya tidak
terlalu membahayakan posisi dia disamping itu tali pusatnya panjang. Saya juga
penderita asthma parah dan selama hamil 2 kali asthma attack sampai dirawat inap
segala. Tapi beliau tetep kasih spirit saya supaya melahirkan secara normal.
Beliau juga tipe dsog yang mau dipanggil kapan aja saat pasiennya dalam keadaan
darurat. Saya melahirkan jam 4 pagi dan dari jam 3 pagi dia udah nongol di RS
buat kasih support sambil ngajakin ngobrol suami biar suami relax dalam
mengikuti jalanannya persalinan anak pertama-nya hehehe...

Salam,
Dewi