Mamanya Nabila,

Sebaiknya obatnya distop aja mbak. Apalagi antibiotiknya (amoxsan).
Mucopect itu untuk penekan refleks batuk, which is kalau diliat side
effectnya banyak. Menurut laporan hasil riset WHO, 80% lebih penyebab
infant (bayi & balita) batuk adalah VIRUS atau alergi. Virus tidak ada
obatnya kecuali daya tahan tubuhnya yg dapat melawan. Juga penggunaan
antibiotik yg tidak tepat (tidak pada tempatnya) dpt menyebabkan
resistensi pada anak. Kalau seperti ini, begitu anak perlu antibiotik
justru tdk ada antibiotik yg ampuh utk diberikan karena semua kumannya
sudah resisten. Lagipula WHO sendiri sudah mengeluarkan statement bahwa
tidak ada yg namanya obat batuk.

Sekarang dilihat kondisi anak aja mbak. Kalau Nabila batuk & gak sembuh2,
yg harus dilakukan adalah dicari penyebabnya. Alergi kah ? Alergi bisa
debu, dsb. Kalau krn alergi, anak relatif aktif spt biasa. Atau virus ?
biasanya kalau karena virus, batuknya disertai demam. Kembali ke kondisi
anak aja mbak. Memang satu2nya cara utk mengeluarkan dahak adalah dg
MUNTAH. Sounds bad tapi sekali lagi muntah itu kan mekanisme. Dan bagi
anak ygtidak dpt mengeluarkan dahak, maka muntah adalah cara utk
mengeluarkan dahak. Coba perhatikan kalau pada akhirnya muntah, pasti ada
dahaknya.

Sekali lagi batuk & muntah itu gejala, bukan penyakit. Yg perlu dicari
sumber penyakitnya, bukan menghilangkan gejalanya.  Seperti mekanisme
alarm aja. Kalau ada alarm detektor  kebakaran bunyi, maka yg seharusnya
dilakukan adalah
mencari sumber kebakaran & mematikannya. Bukan mematikan alarm kebakarannya.

Sekrg tinggal cari penyebab batuknya aja mbak dan perbanyak ASI (Saya gak
tau Nabila masih mendptkan ASI atau gak). Toh ASI itu sendiri penuh dg zat
imun yg membantu memperkuat daya tahan tubuh anak.

Maaf kalau tidak berkenan. Semoga membantu.

Lulu
"Becoming a mother is a life-enhancing experience that leads to greater
creativity, sensitivity, and compassion"